LIFESTYLE

Jaga Kulit Tetap Lembap Saat Puasa, Ini Rahasianya!

Selasa, 26 April 2022
Jaga Kulit Tetap Lembap Saat Puasa, Ini Rahasianya!

Selama berpuasa di bulan Ramadan, seringkali asupan cairan tubuh tidak terpenuhi. Akhirnya kulitmu pun tidak terhidrasi dengan baik. Namun bukan hanya karena kekurangan cairan yang menyebabkan kulitmu dehidrasi di Bulan Ramadan. Dilansir dari halodoc, kurang tidur, mandi terlalu lama, dan terlalu banyak makan gorengan juga bisa memperburuk kondisi ini. Dampaknya, timbul berbagai masalah pada kulit, misalnya saja kulit menjadi lebih kusam, sensitif, gatal, hingga bersisik. Selain itu tentunya hal ini bisa bikin kamu nggak pede dan jika dibiarkan juga akan membuat kulitmu nggak sehat! Supaya kulitmu bisa #StayHydrated selama berpuasa, coba yuk lakukan tips berikut ini!

 

1. Cukup minum saat sahur dan berbuka

Di Bulan Ramadan, kesempatan untuk minum adalah di waktu sahur dan setelah berbuka. Meskipun lebih singkat, usahakan agar tetap memenuhi asupan cairan setiap harinya dengan minum 8 gelas air per hari. Agar target minum harianmu tercapai, bagilah waktu minum dalam beberapa sesi, misalnya satu gelas saat berbuka, dua gelas setelah berbuka, dua gelas setelah solat tarawih, 1 gelas saat bangun sahur, dan dua gelas setelah makan sahur. Dengan begitu asupan cairan dalam satu hari akan tetap bisa terpenuhi.

 

2. Memilah Makanan

Selama puasa, wajar kalau kamu tergoda aneka makanan lezat saat sahur dan berbuka. Namun, nggak semua makanan baik untuk kesehatan termasuk kesehatan kulit. Sebaiknya, hindari makanan yang terlalu banyak mengandung garam dan gula. Melansir kompas.com, makanan yang dianjurkan untuk kesehatan kulit justru makanan yang mengandung asam lemak dan serat yang dapat membantu meremajakan kulit.  Sebab, asam lemak yang banyak terkandung pada ikan salmon, tuna, dan kacang-kacangan dapat membantu melindungi kulit dari penuaan dini akibat sinar matahari dan risiko kulit sensitif. Sedangkan buah dan sayur mengandung 90 persen air yang akan membuat kulit terhidrasi dengan baik, kaya vitamin, mineral dan antioksidan yang akan membuat kulit terlihat bercahaya dan terhidrasi.

 

3. Cukup tidur

Ternyata kurang tidur juga ada kaitannya dengan kulit yang terhidrasi. Saat tidur, terjadilah proses perbaikan jaringan sel dan regenerasi kulit. Jika kamu kurang tidur, proses regenerasi kulit tidak akan berjalan optimal. Akhirnya kulitmu akan terlihat kusam, kering, dehidrasi, dan produksi minyak di wajah berlebih. Meskipun sulit untuk memenuhi waktu tidur selama 7-8 jam per hari di bulan Ramadan, namun usahakan memiliki waktu tidur yang berkualitas walau lebih singkat. Selain itu, segera kembalikan waktu tidurmu menjadi normal setelah Ramadan berakhir ya!

 

4. Perhatikan durasi mandi

Mandi lebih lama bikin kulit lebih bersih dan sehat? Eitsss, jangan salah. Justru terlalu lama mandi bikin kulitmu jadi lebih kering dan kusam, lho. Dilansir dari kompas.com, mencuci kulit terlalu sering dan dalam waktu lama dapat menghilangkan minyak alami dan mempengaruhi bakteri alami yang tumbuh di sana untuk mendukung sistem kekebalan. Akhirnya, kulit bisa menjadi kering, teriritasi, atau gatal. Itu sebabnya, mandi dalam waktu singkat selama 5 – 10 menit dengan air dingin lebih dianjurkan agar kulit tetap lembap terhidrasi.

Baca Juga: Perawatan Kulit untuk Melindungi Skin Barrier

 

5. Pakai Marina UV White Hydra Bright

Nah penting juga untuk menggunakan produk yang cocok untuk kebutuhan hidrasi kulit dengan menggunakan Marina UV Hydra Bright. Pakai setiap habis mandi dan aplikasikan ulang setiap kulitmu butuh kelembaban ekstra. Hand & body lotion satu ini memiliki formula emulgel inovasi terbaru dari Marina dengan kandungan niacinamide, lime, seaweed, dan tea tree oil.

 

Pas banget untuk digunakan sehari-hari karena memberikan 8 Kebaikan untuk Kulit Cerah Terhidrasi yaitu menghidrasi, mencerahkan, cepat meresap, tidak lengket, cooling sensation, UV Protection, perlindungan Natural Antibacterial, dan tetap segar.

 

So girls, jangan takut lagi kulitmu jadi dehidrasi. Lakukan langkah menghidrasi kulit dari dalam dan luar di atas. Kulit sehat, lembap, dan cerah bukan lagi impian! Yuk Cobain Marina UV White Hydra Bright, segera dapatkan produknya di Marina Official Store Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli ya !

 

Sebagian sumber: healthline.com, kompas.com, halodoc

 

Lainnya: