BEAUTY

Wajib Coba, Perawatan Kulit untuk Melindungi Skin Barrier, si Perisai Kulit!

Rabu, 16 Maret 2022
Wajib Coba, Perawatan Kulit untuk Melindungi Skin Barrier, si Perisai Kulit!

Selama ini kamu mungkin sudah cukup sering mendengar istilah skin barrier. Tapi, tahukah kamu apa sebenarnya skin barrier, apa saja fungsinya, dan bagaimana cara merawatnya?

 

Skin Barrier si ‘Perisai Kulit’

Mengutip dari Healthline, kulit kita terdiri dari beberapa lapisan, yang masing-masing punya fungsi penting dalam melindungi tubuh. Salah satunya adalah lapisan terluar yang disebut stratum korneum yakni terdiri dari sel-sel kulit keras disebut corneocytes yang diikat bersama oleh lipid. Di dalam corneocytes terdapat keratin dan pelembab alami. Sedangkan lapisan lipid mengandung kolesterol, asam lemak, dan ceramide. Lapisan stratum korneum inilah yang dimaksud dengan skin barrier, yang menjadi perisai bagi kulit tubuh kita.

skin barrier

Jika skin barrier rusak, air di dalam tubuh akan lebih cepat menguap sehingga membuat kulit kita dehidrasi. Segala macam racun dan patogen lingkungan yang berbahaya dapat menembus kulit dan memberikan dampak buruk tidak hanya untuk kulit, tapi juga tubuh kita secara keseluruhan.

Sekarang kamu tahu kan betapa pentingnya skin barrier untuk kesehatan sehingga perlu dirawat agar bisa berfungsi dengan semestinya.

 

Mengapa Skin Barrier Bisa Rusak?

Jika skin barrier-mu melemah atau rusak, maka kamu akan mengalami beberapa gejala seperti kulit kering bersisik, rasa gatal, perubahan warna kulit, jerawat, kulit meradang, dan adanya infeksi kulit bakteri, virus, atau jamur.

Apa saja yang dapat membuat skin barrier kita rusak? Ada faktor eksternal dan internal, termasuk lingkungan yang terlalu lembap atau terlalu kering, alergen, iritan, dan polutan, terlalu banyak terkena sinar matahari, over-exfoliation atau over-washing, stress, dan faktor genetic (dermatitis atopik dan psoriasis).

Jika skin barrier kita rusak, kita perlu melakukan perawatan ekstra. Tapi, tentunya jangan tunggu sampai skin barrier rusak, kita perlu merawat skin barrier agar selalu sehat.

 

Cara Merawat Skin Barrier dengan Tepat

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk merawat skin-barrier adalah dengan menerapkan perawatan kulit wajah yang tepat. Dimulai dengan mencuci wajah dengan sabun wajah yang cocok dengan jenis dan kondisi kulit wajah kita, dan dengan menggunakan pelembap atau moisturizer wajah.

Dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, Dermatovenerologist, yang hadir sebagai pembicara dalam peluncuran virtual Marina Expert White and Glow, mengatakan bahwa skincare yang tepat untuk merawat skin barrier adalah skincare yang mengandung bahan yang bisa mengatasi kulit kering, membantu meregenerasi sel dan juga menutrisi kulit. Bahan yang saat ini banyak digunakan diantaranya adalah kandungan Niacinamide, Ceramide, dan Vitamin C.

Kandungan Niacinamide dapat membantu mengurangi inflamasi, meningkatkan kelembapan dan ketahanan kulit, juga memperbaiki kulit kusam, dengan mengurangi pembentukan melanin dan menstimulasi regenerasi sel kulit baru. Ceramide berfungsi melembabkan dengan menyatukan sel kulit untuk membentuk lapisan pelindung yang mencegah hilangnya kelembapan dan melindungi dari kerusakan. Kombinasi kedua bahan tersebut dan perawatan yang rutin, dapat membantu memberikan hasil yang maksimal dalam merawat skin barrier.

Nah, apakah kamu sudah menggunakan skincare yang tepat untuk merawat skin barrier?

 

Baca Juga: Pakai Body Serum Bisa Bikin Kulit Lebih Cerah

 

Marina Expert White & Glow, Perlindungan Skin Barrier yang Menutrisi dan Bantu Regenerasi Sel Kulit

marian expert white and glow

Nggak usah bingung mencari skincare yang tepat, karena Marina sekarang hadir dengan rangkaian healthy skincare terbarunya, Marina Expert White & Glow, yang mengandung Duo Expert Nia-Ceramide, yang mengandung Niacinamide dan Ceramide, dua bahan yang dapat membantu merawat skin barrier, menutrisi kulit dan membantu proses regenerasi sel. Diformulasikan dengan kandungan lainnya, seperti Vitamin C, HA, Aloe Vera, Licorice, memberikan Advanced Formula for Total Glow, sehingga kulit cerah sehat bercahaya. Selain itu tidak mengandung alkohol, 0% paraben, dan tersertifikasi Halal.

Marina Expert White & Glow memiliki tiga varian: Bright Booster untuk mendapatkan kulit cerah dan glowing, Hydra Lock untuk kulit kering agar kulit lembab dan kenyal, dan Acne Clear+ untuk kulit yang oily dan acne prone skin yang membantu mengontrol minyak berlebih, mencegah jerawat, dan merawat kulit tetap glowing. Jadi kamu bisa memilih varian mana yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu.

Untuk menjaga agar skin barrier selalu sehat, kamu dapat membersihkan kulit wajah secara rutin dengan Marina Expert White & Glow Facial Foam yang dapat membersihkan sisa make-up, kotoran, dan minyak, secara menyeluruh sampai ke pori, dan tetap menjaga kelembapan alami kulit, tanpa meninggalkan rasa seperti “ketarik”

Kemudian lanjutkan dengan menggunakan Marina Expert White & Glow Moisturizing Gel for Face & Body dengan tekstur gel ringan dan cepat meresap, memudahkan nutrisi masuk ke dalam kulit dan membantu regenerasi sel. Pelembap satu ini praktis banget karena bisa digunakan pada wajah sekaligus tubuh dan memiliki fungsi 5 in 1 yaitu: face mask, sleeping mask, pelembap tubuh, perawatan kuku, serta base makeup. Lengkap banget, kan?!

Yuk, lindungi ‘perisai kulit’mu dan dapatkan kulit total glow yang cerah, sehat & bercahaya dengan Marina Expert White & Glow!