Seni Hand lettering untuk Pemula
Friday, 02 December 2016
TRENDS
SENI HAND LETTERING UNTUK PEMULA
2

Sering banget deh, melihat postingan barisan kalimat di Instagram yang ditulis dengan cantik. Tulisan tersebut dinamakan seni hand lettering, yaitu seni ‘menggambar’ huruf. Quote bijak yang bisa kita kutip dari lirik lagu, dialog dalam film, atau perkataan public figure jadi lebih cantik dan mengena saat ditulis dengan seni hand lettering.

Pingin coba dan belajar seni hand lettering? Ada caranya, lho.

  1. Klik #handlettering di Instagram. Dari foto-foto tersebut, kita bisa melihat jenis-jenis huruf yang dipakai oleh para pengguna seni hand lettering dari seluruh dunia. Untuk permulaan, kita bisa mencontoh beberapa gaya huruf yang ada.
     
  2. Follow beberapa akun komunitas hand lettering di Instagram. Selain bisa bergabung dengan teman sesama penyuka hand lettering, akun-akun tersebut juga sering membagikan teknik menggambar huruf.
     
  3. Selain Instagram, kita juga bisa melihat Pinterest untuk melihat contoh-contoh seni hand lettering. Di YouTube malah lebih komplit karena ada juga video step by step membuat hand lettering.
     
  4. Berlatih dengan pensil, penghapus, juga penggaris di atas kertas putih. Biasakan menggambar huruf dengan bantuan penggaris, supaya huruf-hurufnya terlihat proporsional, baik bentuk maupun tinggi huruf. Jangan takut salah, ada alasannya kita menggambar huruf memakai pensil dan penghapus.
     
  5. Setelah cukup latihan dan puas dengan hasil lettering memakai pensil, coba deh, mulai gunakan spidol/drawing pen untuk menebalkan hasil karya kita. Bila hasilnya sudah cukup bagus, coba juga untuk menambahkan teknik lain, seperti bayangan juga gambar untuk mempercantik huruf-huruf tersebut.
     
  6. Posting karya kita. Nggak usah malu, justru dengan mem-posting, kita jadi tahu apakah ada yang menyukai karya kita atau justru sebaliknya. Bila lebih banyak yang tidak suka, berarti kita harus belajar lebih giat lagi.
     
  7. Practice makes perfect. Ingat selalu kalimat itu, karena semakin kita sering latihan menggambar huruf, maka akan semakin bagus gambar yang kita buat. Usahakan latihan menggambar setiap hari, agar mata dan tangan terbiasa dengan huruf-huruf tersebut.     

Selamat mencoba!

Comment