Cara Asyik untuk Menambah Wawasan
Wednesday, 22 February 2017
LIFESTYLE
CARA ASYIK UNTUK MENAMBAH WAWASAN
0

Salah satu tantangan cewek-cewek milenial adalah dituntut untuk punya wawasan yang luas. Namun, seringkali kegiatan menambah wawasan diartikan dengan belajar di sekolah atau belajar keterampilan khusus di lembaga-lembaga formal. Padahal wawasan yang luas bisa kamu dapatkan dari mana saja, termasuk melalui kegiatan-kegiatan yang asyik ini.

Gaul di Komunitas
Dengan bergabung bersama komunitas, kamu akan belajar cara bersosialisasi serta berbagi wawasan dengan anggota komunitas lain yang memiliki minat yang sama. Kamu penyayang kucing? Maka, dengan menjadi anggota komunitas-komunitas penyayang kucing seperti Fracats di Surabaya dan Indonesia Cat Assosiation di seluruh Indonesia, akan membuat wawasanmu di bidang perawatan dan pemeliharaan kucing meningkat dengan pesat.

Isi Teka-teki Silang
Jika berhasil menyelesaikan sebuah teka-teki silang sendirian, ada banyak ilmu yang kamu dapat. Mulai dari mencari padanan kata hingga pengetahuan umum. Sst… biar tambah pintar saat mengisi teka-teki silang, biaskan untuk langsung mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang kamu tidak tahu di internet atau sumber lainnya. Dengan begitu, informasi baru itu akan lebih mudah ‘menempel’ dan tidak cepat kamu lupakan.

Bermain
Mulai dari main video games, board games seperti puzzle dan Scrabble, hingga permainan khas Indonesia seperti congklak dan permainan ABC Pancasila (atau Pancasila 5 Dasar). Saat bermain, secara tidak sadar pengetahuan dan wawasanmu bertambah. Permainan Scrabble, misalanya, akan melatih kemampuan berbahasa Inggris. Sedangkan permainan ABC Pancasila akan mengasah kemampuan mengingat fakta-fakta pengetahuan umum.

Melakukan Hobi
Membaca, berolahraga, atau main musik bisa membantu menambah wawasan. Membaca memberimu informasi baru, pengetahuan baru, bahkan inspirasi baru, sementara bermain musik melatih kreativitas dan kemampuan mengingat, serta kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Nah, untuk yang senang berolahraga, kegiatan itu bisa meningkatkan konsentrasi, daya juang, serta kemampuan menyusun strategi untuk memenangi kompetisi.

Bepergian
Traveling adalah salah satu cara paling manjur untuk membuka dan menambah wawasan. Apalagi bila dilakukan seorang diri (solo traveling). Tempat-tempat baru yang kamu kunjungi memiliki kebudayaan, cara hidup, serta norma-norma tersendiri. Interaksi dengan penduduk lokal dan sesama pelancong yang kamu temui akan menambah wawasan di berbagai bidang, mulai dari kuliner, pengetahuan alam, ilmu agama, hingga ilmu politik.

Aktif Berkegiatan
Seperti mengikuti seminar, kursus, atau workshop yang bermanfaat seperti Marina Beauty Journey. Acara disusun sedemikian rupa supaya kamu dapat mengekspresikan minat dan bakat. Ada Beauty Camp yang diselenggarakan di Bali, juga berbagai kelas inspiratif seperti Self Coaching, Public Speaking, Creativepreneur, dan Digital for Youth. Bonus lain? Kamu akan ketemu banyak teman-teman baru yang sama-sama ingin menambah wawasan.

 

Sumber foto : www.123rf.com

Comment