BEAUTY

Apa itu Skin Barrier? 5 Tips Memilih Skincare untuk Merawatnya

Senin, 18 Desember 2023
Apa itu Skin Barrier? 5 Tips Memilih Skincare untuk Merawatnya

Kesehatan kulit merupakan salah satu aspek penting dalam merawat kecantikanmu secara keseluruhan. Salah satu elemen kunci dalam menjaga kesehatan kulit adalah "Skin Barrier" atau penghalang kulit. Skin Barrier merupakan lapisan pelindung kulit yang melibatkan berbagai elemen, seperti lipid, protein, dan sel-sel kulit yang bekerja bersama untuk menjaga kelembaban dan melindungi kulit dari agresi eksternal.

 

Apa Itu Skin Barrier?

 

Skin-barrier adalah lapisan kulit paling luar yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari paparan sinar ultraviolet, polusi, racun, maupun patogen yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh. Tidak hanya itu, skin barrier memiliki peranan yang penting dalam membantu menjaga kelembaban alami serta kesehatan kulit. Hal tersebut dijelaskan oleh dr. Kardiana Dewi, Sp.KK pada saat Peluncuran Marina Expert White & Glow Series.

 

Jika fungsi skin barrier terganggu, maka kulit dapat mengalami risiko dehidrasi dan mempercepat terbentuknya melanin. Untuk itu sangat penting menjaga skin barrier dengan perawatan yang teratur agar fungsinya optimal.

 

Tanda-tanda Skin Barrier Rusak

 

dr. Kardiana Dewi, Sp.KK pun menjelaskan ciri-ciri kerusakan skin barrier yang mungkin tidak disadari sebelumnya, antara lain kulit kering, gatal, dan kemerahan atau kulit menjadi lebih sensitif. Kondisi kulit seperti ini dapat dipicu oleh kebiasaan sehari-hari, seperti cara mencuci dan menggunakan sabun wajah yang tidak tepat, malas menggunakan pelembab, atau bisa juga karena penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

 

Oleh karena itu, penting untuk merawat Skin Barrier dengan tepat, terutama melalui pemilihan skincare yang sesuai. Yuk, perhatikan 4 tips penting dalam memilih skincare berikut ini!

 

1. Produk Skincare dengan bahan tepat

   Memilih skincare yang mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid, atau ceramide dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan memperkuat Skin Barrier.

 

2.  Cari Produk yang Mengandung Antioksidan

Produk skincare yang mengandung PFE (Polyphenol-rich Extract) terbukti memiliki

banyak senyawa antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas

 

3. Pentingnya Kandungan Niacinamide

Niacinamide memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Ini dapat bermanfaat untuk orang-orang dengan kulit sensitif atau berjerawat, mencerahkan kulit, dan menyamarkan garis halus yang biasa muncul pada kulit dengan skin barrier tipis atau rusak

 

4. Perhatikan Kebutuhan Kulit Anda

 Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Pastikan untuk memilih skincare sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, apakah itu kulit kering, berminyak, atau kombinasi.

 

Marina Expert White & Glow Series untuk Merawat Kondisi Skin Barrier

Untungnya kamu tak perlu bingung lagi mencari skincare yang tepat untuk merawat skin barrier-mu sekaligus cocok untuk tipe kulitmu. Sebab kamu bisa melakukan analisis jenis kulit melalui Virtual Skin Analyzer di website Sahabat Marina. Setelah mengetahui jenis kulitmu, kamu bisa menggunakan rangkaian skincare dari Marina Expert White Glow Series yang terdiri dari Facial Foam, Face Serum, Face Cream, dan Face Mask untuk digunakan sehari-hari. Marina Expert White Glow Series adalah/ rangkaian skincare dengan skin loving ingredients yang  aman digunakan karena sudah teruji secara dermatologi dan bersifat non-comedogenic. Ada 3 varian yang dapat kamu pilih sesuai permasalahan kulitmu yaitu:

 

Marina Expert White & Glow - Acne Clear+

Perawatan untuk masalah kulit berminyak dan berjerawat yang terdiri dari Marina Expert White & Glow Soothing Face Cream, pelembab wajah berbahan dasar air yang dapat menenangkan kulit berjerawat dan kemerahan. Marina Expert White & Glow Power Bright Face Serum Acne Clear+ yang terbukti secara optimum membantu mencerahkan wajah dan menyamarkan noda hitam dalam 7 hari*, mengurangi tampilan minyak berlebih, dan mengurangi kemerahan. Serta Marina Expert White & Glow Deep Clearing Clay Mask Acne Clear+ yang efektif membantu membersihkan pori secara menyeluruh dan menyerap minyak berlebih tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit.

 

Kandungan utama Marina Expert White & Glow Acne Clear+: Niacinamide, Mugwort, dan Ceramide 2.

 

Marina Expert White & Glow - Bright Booster

Jika kamu memiliki jenis kulit normal/ kombinasi dan ingin terlihat lebih cerah serta glowing, berarti kamu bisa menggunakan rangkaian skincare dari Marina Expert White & Glow varian Bright Booster. Terdiri dari Marina Expert White & Glow Perfecting Glow Face Cream Bright Booster Pelembap wajah dengan SPF 20 PA++ yang memberikan efek kulit wajah cerah seketika, menutupi kemerahan dan meratakan warna kulit. Marina Expert White & Glow Power Bright Face Serum Bright Booster yang terbukti secara optimum membantu mencerahkan wajah dan menyamarkan noda hitam sehingga. Serta Marina Expert White & Glow Brightening Clay Mask Bright Booster yang memiliki cooling sensation dan manfaat Advanced Bright Radiance sehingga kulit lebih halus, bersinar, dan bercahaya.

 

Kandungan utama Marina Expert White & Glow Bright Booster:

Niacinamide, Fermented PFE , Tranexamic Acid, Alpha Arbutin, Peptide & Ceramide-2.

 

Marina Expert White & Glow - Hydra lock

Terakhir, untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering, Marina Expert White & Glow varian Hydra Lock adalah pilihan yang tepat. Gunakan Marina Expert White & Glow Intensive Gel Face Cream Hydra Lock untuk memberikan hidrasi intens pada kulit dan mengunci kelembapan hingga 24 jam. Lanjutkan dengan pemakaian Marina Expert White & Glow Power Bright Face Serum Hydra Lock untuk mendapatkan kulit cerah, kenyal, dan lembap sepanjang hari.

 

Kandungan utama Marina Expert White & Glow Hydra lock: Niacinamide, Fermented PFE, Hyaluronic Acid, Alpha Arbutin, Peptide & Ceramide-2

 

Merawat Skin Barrier dengan baik merupakan langkah penting dalam perawatan kulit yang menyeluruh. Dengan memilih produk skincare yang tepat, Anda dapat membantu menjaga kesehatan Skin Barrier dan memperoleh kulit yang sehat, lembut, dan glowing. Yuk mulai rawat skin barrier-mu sekarang juga dengan Marina Expert White & Glow Series!