LIFESTYLE

Manfaat Terbiasa Berpikir Kreatif

Senin, 19 Oktober 2015
Manfaat Terbiasa Berpikir Kreatif

‘Pupuk imajinasimu’, ‘let’s dream big’, ‘nggak ada yang nggak mungkin’…. Kalimat-kalimat motivasi macam ini benar banget, lho. Karena, imajinasi akan mengasah kecerdasan, lalu kamu akan berpikir untuk menemukan solusi. Hasilnya? Kreativitas. Menjadi kreatif nggak hanya akan membuatmu menjadi pribadi yang unggul tapi juga banyak manfaatnya untuk orang di sekitarmu.

Dampak positif lain dari biasa berpikir kreatif di antaranya:

•    Selalu happy.
Dengan terbiasa berpikir menemukan solusi, nggak hanya memikirkan masalah atau asal masalahnya, akan membuatmu jauh dari stres. Tanpa ada beban masalah yang menguras energi, pastinya kamu akan selalu happy, punya sifat ceria tentunya akan membentuk pribadi yang positif.

•    Pergaulan yang luas.
Kreativitas akan membuat hidupmu lebih bervariasi dan tidak monoton. Melakukan hal-hal kreatif  di luar rutinitas akan memberikan suasana dan pengalaman yang baru dan segar. Selain kegiatan di sekolah/kampus/kantor, isi waktumu dengan berbagai kegiatan positif lain yang kamu gemari, misalnya ikut kursus bahasa asing, kelas crafting, les menari, atau klub olahraga yang unik seperti panahan atau bowling.

•    Pandai menghargai orang lain.
Karena kamu terbiasa menciptakan ide atau berpikir solusi, jadi saat orang lain menyampaikan ide atau gagasannya tentang apapun, kamu bisa menghargai. Orang lain akan sangat nyaman berteman, berdiskusi, dan ngobrol dengan kamu, karena kamu selalu bisa membawa diri dengan menghargai orang lain.

•    Sebar semangat.
Orang yang kreatif tidak akan takut kehilangan peluang, sebab ia akan menciptakan peluang sendiri. Orang yang kreatif tidak takut menghadapi masalah karena ia mampu menyelesaikan masalah dengan segera mencari solusi. Energi positif dengan semangat yang besar ini pasti akan tertular kepada orang lain yang ada di sekitarmu. Terutama yang bekerja atau beraktivitas bareng kamu.

•    Mendorong kesuksesan usaha.
Dalam dunia wirausaha, kreativitas jelas jadi salah satu modal utama. Buat kamu yang mau mulai belajar berwirausaha, kreativitas akan membuat prodak atau jasa yang kamu tawarkan memiliki difensiasi dengan yang lain. Karena persaingan usaha yang makin ketat, keunikan prodak atau jasa yang kamu buat akan membuat daya tahan dalam persaingan makin kuat. Di sekolah atau kampus, faktor keunikan ini juga akan berpengaruh baik ke prestasi akademikmu, karena kreativitasmu menciptakan hal baru.

So, jangan takut beda, yakin aja saat memulai atau membuat sesuatu yang baru, tetap kreatif dalam jalur positif, dan pandai-pandai membawa diri.