LIFESTYLE

Kenapa Perjuangan Kartini masih Sangat Relevan

Jumat, 27 April 2018
Kenapa Perjuangan Kartini masih Sangat Relevan

Kartini emang bukan pahlawan perempuan satu-satunya di Indonesia. Tapi sosok Kartini juga nggak bisa kita remehkan begitu aja, karena ia berani membuat perubahan dari budaya patriaki. Lalu kenapa perjuangan Kartini masih relevan untuk terus kita perjuangkan sampe sekarang? Padahal kayaknya kehidupan budaya patriaki zaman dulu sama sekarang jauh berbeda. Nah, percaya nggak percaya, sadar nggak sadar, budaya patriaki sampe saat ini masih melekat di beberapa masyarakat kita lho. Berikut ini ada nilai-nilai yang dulu diterapkan Kartini dan masih relevan untuk kita sekarang.

1. Keingintahuan yang tinggi
Sebagai perempuan penting juga lho untuk kita punya sifat ingin tahu yang tinggi karena dengan keingintahuan yang tinggi kita jadi bisa lebih mengenal dunia dan jadi perempuan yang cerdas dalam menangani masalah kehidupan.

2. Keinginannya untuk memperoleh pendidikan

Mungkin masih banyak yang bilang ‘perempuan nggak usah tinggi-tinggi karirnya, nanti susah cari pasangan'. Well girl, don’t listen to that, asumsi itu salah besar karena membatasi kita untuk terus berkembang. Yang paling bener itu adalah kita perempuan malah harus mencapai mimpi setinggi-tingginya.

3. Suka membaca

Budaya membaca udah semakin luntur di kalangan anak remaja kayak kita. Mudahnya mengakses informasi di era digital seperti saat ini, ngebuat kita terkadang menjadi males untuk membaca bacaan yang sedikit berbobot. Tapi kebanyakan dari kita lebih pilih untuk liat media sosial atau nonton saat menghabiskan waktu luang. Makanya penting untuk kita menerapkan kebiasaan membaca, karena buku adalah gudangnya ilmu dan jendela dunia.

4. Tahu cara merawat tubuh

Dari kecil Kartini udah diajarin cara merawat tubuh selama masa pingitannya. Di masa pingitannya inilah dia jadi tahu cara merawat tubuh yang baik untuk perempuan. Kesibukan kita sering ngebuat kita lupa kalo penting juga merawat tubuh supaya tetep sehat dan fresh. Kalo perawatan tubuh dulu super ribet dan nggak praktis, sekarang kita punya Marina UV White Hydrocool. Gel lotion-nya cepat meresap sehingga bisa digunakan dengan mudah. Dengan penggunaan yang rutin setiap harinya, pastinya kulit kita akan bersinar cerah dan selalu terjaga kelembapannya. Dengan kulit yang sehat, momen #RaihMimpi jadi makin fun.