Info-Info Seru tentang Kopi
Friday, 02 December 2016
TRENDS
INFO-INFO SERU TENTANG KOPI
0

Siapa yang suka minum kopi dan nongkrong di kedai kopi atau café, ayo acungkan tangan! Jenis minuman kopi apa sih, yang biasanya dipesan: Espresso, cappuccino, caffé latte, dan macchiato mungkin adalah jawaban paling banyak karena itu yang paling banyak dijual di café dan kedai kopi.

Padahal sebenarnya, minuman kopi sangat beragam jenisnya. Dibedakan sesuai dengan proses penyajian dan pengolahannya. Namun semua minuman kopi memiliki dasar espresso, biasanya 1-2 shot, baru kemudian ditambahkan air panas, susu panas, busa susu, cokelat, atau whipped cream untuk dijadikan variasi lain.

Jenis-Jenis Minuman Kopi

  • Espresso berasal dari bahasa Italia yang berarti cepat. Espresso merupakan minuman yang dihasilkan dengan menyemburkan uap panas bertekanan tinggi ke bubuk kopi. Prosesnya yang cepat, membuat minuman ini kemudian dinamakan espresso.
     
  • Sementara caffé latte adalah espresso yang ditambahkan susu panas (steamed milk) dengan perbandingan 3:1, lalu diberi sedikit busa susu. Sesuai dengan namanya, caffé latte yang artinya kopi susu dalam bahasa Italia. Caffé latte juga sering disebut flat white.
     
  • Ada lagi cappuccino yang penampilannya mirip dengan caffé latte. Dari segi komposisi, cappuccino terdiri dari dua shot espresso, susu panas, dan busa susu dalam perbandingan yang seimbang.
     
  • Minuman kopi yang sering membuat orang salah paham adalah caffé macchiato. Minuman ini sebenarnya berupa satu shot espresso yang ditambahkan sedikit busa susu. Nah, kalau yang banyak ditemui di coffee shop sebenarnya adalah latte macchiato, yang komposisinya berupa susu yang diberi tambahan espresso.
     

Apa Itu Coffee Roastery?

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung juga Denpasar, dua tahun belakangan ini lagi banyak bermunculan coffee roastery. Tempat ini sebenarnya merupakan kedai kopi yang menyajikan kopi hasil proses sangrai mereka sendiri, jadi kopinya tidak beli jadi dari produsen kopi yang lain.

Proses sangrai biji kopi itu unik, lho, dan butuh keahlian tersendiri. Saat biji kopi disangrai, biji-biji tersebut menghasilkan panasnya sendiri karena ada reaksi kimia. Saat kemudian bubuk kopi diseduh, hasilnya adalah rasa yang berbeda sesuai dengan varian yang dipesan. Karena itulah para penggemar kopi kelas berat lebih suka menikmati kopi di coffee roastery dibanding kedai kopi biasa.

Hasil kopi sangrai juga dijual dalam bentuk bubuk dan disimpan dalam kemasan cantik. Beberapa pelanggan, menyukai aroma kopinya dan ingin mencoba untuk menyeduhnya di rumah. Kalau ingin mencicipinya, kita bisa singgah di:

Jakarta: Tanamera Coffee Roastery, Giyanti Coffee Roastery, Coffee Smith (IG: @coffeesmithjkt).

Yogyakarta: Topgear Coffee & Roastery (Twitter: @TopGearCoffee), Roaster and Bear (IG: @Roasterandbear).

Bali: Seniman Coffee Studio Ubud, F.R.E.A.K Coffee.

Comment