Ikut Walking Tour, Yuk!
Friday, 26 May 2017
TRENDS
IKUT WALKING TOUR, YUK!
1

Sejak dua tahun terakhir, jalan-jalan ala walking tour makin diminati. Seperti namanya, walking tour adalah kegiatan wisata yang dilakukan sambil berjalan kaki. Rute yang dilalui nggak terlalu jauh, sekitar 3-5 kilometer dengan waktu keliling selama 2-4 jam.

Walking tour bisa jadi pilihan jalan-jalan yang seru karena berbeda dibandingkan paket wisata lain. Girls, ini kelebihan jalan-jalan ala walking tour:

  1. Suasana santai
    Meski destinasi wisata sudah ditentukan sebelumnya, kegiatan walking tour dilakukan dalam suasana yang santai. Nggak ada pengaturan waktu yang kaku dan bikin terburu-buru. Kamu cuma diminta untuk berkumpul di satu titik tempat di waktu tertentu saja. Karena dilakukan sambil berjalan, kamu jadi lebih leluasa melihat-lihat, berinteraksi, mengambil foto, dan mencicipi aneka street food yang ada di sepanjang jalan.

  2. Eksplorasi maksimal
    Guide akan menemani kamu berkeliling dan menjelaskan obyek wisata yang ditemui. Bisa berupa sejarah tempat dan bangunan di situ, hingga berbagai fun facts atau peristiwa menarik yang pernah terjadi di sana. Tentu saja, informasi itu akan membuat ilmu dan wawasanmu bertambah. Guide juga akan mengajak kamu untuk mengeksplorasi hidden areas di sekitar obyek wisata secara lebih maksimal. So, kalau ingin pengalaman jalan-jalan yang nggak ‘berjarak’ sama orang lokal, pilih tur jenis ini.

  3. Teman baru
    Mayoritas kegiatan walking tour dilakukan secara berkelompok. Peserta merupakan gabungan dari orang-orang yang tidak saling kenal. Jadi, kegiatan ini bisa jadi ajang untuk menambah teman baru (atau pacar baru…) yang memiliki minat yang sama.

  4. Murah meriah
    Karena diadakan di dalam kota, biayanya relatif lebih terjangkau. Bahkan, sekarang sudah ada operator tur seperti Jakarta Good Guide dan Lombok Good Guide yang nggak mematok biaya tertentu. Mereka membebaskan peserta untuk memberikan bayaran sesuai dengan taraf kepuasan kamu dalam mengikuti walking tour. Seru, ya?

  5. Sehat
    Ikut walking tour juga bisa bikin fisik kuat dan sehat. Yang penting, bawalah bekal air minum, payung, topi, serta outfit lain yang nyaman selama mengikuti kegiatan ini. Jangan lupa juga untuk melindungi kulitmu dengan mengoleskan Marina Hand & Body Lotion Natural Nutri Fresh sebelum tur. Hand & body lotion ini mengandung oat dan butiran vitamin E yang bertindak sebagai antioksidan. Jadi, selama jalan-jalan kulit kamu akan tetap harum, lembut, dan terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.
     

Ayo, Jalan Bareng!
Selain di Jakarta, kota Yogyakarta dan Lombok juga sudah memiliki operator walking tour. Operator biasanya membuat tema khusus untuk setiap rute. Misalnya di Jakarta: Old Town, China Town, Pasar Baru, City Center, dll; di Yogyakarta: Kampung Kauman, Kali Code, Alun-alun; di Lombok: Heart of Mataram. Nah, ini pilihan operator walking tour yang recommended di ketiga kota tersebut:

  • Jakarta Good Guide (jakartagoodguide.wordpress.com)
  • Walk Indies (www.walkindies.co)
  • Komunitas Historia (www.komunitashistoria.com/agenda)
  • Real Jakarta Tour (www.realjakarta.blogspot.co.id)
  • Viavia Jogja (www.viaviajogja.com/travel.php)
  • Edu Walking Tour (walkingtour@gmail.com, +62822 2653 6167)

 

Sumber foto : www.123rf.com

Comment