Film-Film Anime Wajib Tonton
Tuesday, 29 March 2016
TRENDS
FILM-FILM ANIME WAJIB TONTON
0

Kamu mungkin sudah familiar dengan serial-serial anime asal Jepang yang banyak ditayangkan oleh stasiun-stasiun TV di Indonesia. Namun tak banyak bioskop-bioskop di sini yang menayangkan film-film anime, kecuali yang karakternya sangat populer seperti Doraemon, Naruto, atau Samurai X.

Nah, saatnya kamu berkunjung ke toko DVD atau Netflix untuk mencari  film-film anime berikut yang wajib kamu tonton. Ceritanya yang menarik dan karakter yang kuat membuat kamu pasti menyukainya.

 

My Neighbour Totoro (1998)

Sutradara: Hayao Miyazaki

Bercerita tentang persahabatan antara anak-anak keluarga Kusakabe: Satsuki dan Mei, dengan Totoro, siluman raksasa yang tinggal di dalam pohon camphor di dekat rumah baru mereka di desa. Walaupun siluman, namun bentuk Totoro yang lucu dan kebaikan hatinya membuat Satsuki dan Mei sangat menyukainya.

Film ini merupakan salah satu film anime legendaris di Jepang dan disukai oleh anak-anak sampai orang dewasa. Ceritanya penuh imajinasi, fun, dan petualangan, ditambah sedikit bumbu mistis namun tidak menakutkan. Saat ini, kepopuleran karakter Totoro sudah menyamai Winnie the Pooh dari Inggris dan Mickey Mouse dari AS.

 

Spirited Away (2001)

Sutradara: Hayao Miyazaki

Film ini sedikit mirip dengan Alice in Wonderland tentang anak perempuan yang terjebak di dunia fantasi. Chihiro, seorang anak umur 10 tahun, masuk ke dunia supernatural untuk menyelamatkan orangtuanya yang berubah jadi babi. Dengan pertolongan anak laki-laki bernama Haku, ia berusaha keluar dari dunia tersebut.

Walau hanya film animasi, namun Spirited Away mencatat prestasi yang luar biasa dengan menjadi film Jepang dengan pendapatan tertinggi di seluruh dunia. Tak hanya itu, film ini juga berhasil memenangkan berbagai penghargaan film bergengsi, di antaranya Best Animated Feature di Academy Awards (Oscar) 2003.

 

Wolf Children (2012)

Sutradara: Mamoru Hosoda

Diceritakan tentang Hana, seorang mahasiswi yang menikah dengan teman kuliahnya yang ternyata adalah werewolf. Saat suaminya meninggal, Hana harus mengurus dua anaknya: Yuki dan Ame, yang juga werewolf. Yuki dan Ame yang tumbuh besar menyadari kondisi mereka dan masing-masing menentukan jalan hidup sesuai panggilan jiwa.

Walau karakter utamanya orang dewasa, namun film ini bisa ditonton oleh anak-anak asalkan dengan pengawasan orang dewasa. Ceritanya memang tidak biasa namun sangat menarik untuk ditonton. Emosi dan kebingungan yang dirasakan oleh Yuki dan Ame terasa sangat nyata, padahal film ini sifatnya fantasi.


Grave of the Fireflies (1988)

Sutradara: Isao Takahata

Berlatar belakang kehancuran Jepang setelah Perang Dunia II, film ini menceritakan kehidupan kakak-adik yatim piatu: Setsuko dan Seita. Karena rumahnya hancur, mereka menjadi gelandangan dan akhirnya memilih tinggal di dalam gua. Mereka berdua berusaha untuk bertahan hidup di tengah situasi yang sangat sulit.

Siapkan banyak tisu sebelum menonton karena film ini akan menguras emosi dan air matamu. Melalui film ini, kamu seperti diajak melihat efek buruk dari perang, terutama bagi anak-anak yang kehilangan keluarganya. Walau sedih, namun film ini menyajikan cerita dan gambar yang sangat bagus sehingga sayang untuk dilewatkan. 

Comment