Tips Berburu Tiket di Travel Fair
Friday, 26 May 2017
LIFESTYLE
TIPS BERBURU TIKET DI TRAVEL FAIR
0

Buat para penggemar traveling, pasti sudah pernah mendengar istilah travel fair. Di ajang ini terdapat berbagai tawaran menarik yang berhubungan dengan traveling dan wisata, mulai dari harga murah dan diskon untuk tiket, akomodasi, sampai paket liburan lainnya. Kita juga bisa mendapatkan berbagai info program wisata dari berbagai tempat.

Ada banyak event travel fair yang secara rutin diadakan oleh maskapai penerbangan, pusat perbelanjaan, atau travel agent. Beberapa yang terpopuler di Jakarta dan Indonesia adalah Indonesia Travel Fair, Garuda Travel Fair, Air Asia Travel Fair, BCA Singapore Airlines Travel Fair, ASTINDO Travel Fair, dan Japan Travel Fair. Waktu pelaksanaannya bervariasi, tapi rata-rata diadakan sebelum musim liburan, yaitu bulan Februari-April dan Agustus-Oktober.

Kita bisa memanfaatkan ajang travel fair ini sesuai dengan rencana liburan kita, terutama untuk mendapatkan tiket yang murah. Saat travel fair, biasanya maskapai penerbangan membuat berbagai program harga murah bekerjasama dengan kartu kredit, mulai dari diskon, cashback, atau yang lainnya. Ini akan sangat membantu kalau kita punya dana terbatas, karena tiket penerbangan biasanya jadi pengeluaran yang paling besar.

Tapi karena jumlah travel fair semakin banyak, kita harus pintar berstrategi supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan nggak pulang dengan tangan hampa. Ini tipsnya:

  • Cari info terlebih dahulu 
    Nggak ada salahnya cari info tentang travel fair yang ingin didatangi. Misalnya, travel agent mana yang menawarkan program-program seru dengan harga murah, bank apa yang memberi promo besar atau cicilan 0%, jam-jam happy hour yang memberi diskon paling besar, sampai ke lay out tempat supaya kita bisa gerak cepat.
     
  • Tentukan tujuan sejak awal
    Karena program-program harga murah biasanya berlangsung cepat, akan sangat baik kalau kita sudah tau mau pergi ke mana, tanggal berapa, dan jumlah orang yang berangkat. Jadi nggak buang waktu lagi karena bingung pilih-pilih. Siapkan beberapa alternatif tujuan wisata dan tanggal kepergian untuk jaga-jaga kalau plan A gagal.
     
  • Bawa uang yang cukup
    Setelah mendapat info tentang bank yang memberi promo besar-besaran di acara travel fair, siapkan kartu kredit dan debit dari bank tersebut. Pastikan dananya cukup supaya nggak malu karena kartu ditolak saat pembayaran. Nggak ada salahnya juga bawa uang untuk jaga-jaga kalau ada diskon untuk pembayaran tunai.
     
  • Waspada syarat & ketentuan
    Saat sudah menemukan tiket penerbangan harga murah atau diskon besar dari hotel, cek dulu dengan teliti jeli semua syarat & ketentuan sebelum membayar. Ini penting supaya kita nggak kena ‘jebakan betmen’ yang nantinya menyulitkan, misalnya: waktu penerbangan hanya dari bulan A-E, tiket penerbangan tidak termasuk bagasi, diskon hotel tidak berlaku saat akhir pekan, dan lain sebagainya.
     
  • Siapkan semua dokumen
    Dokumen macam paspor, KTP, kartu keluarga, dan lainnya sebaiknya sudah disiapkan sejak awal, apalagi kalau sudah berencana pergi berombongan. Cek semuanya dan pastikan semuanya belum expired supaya di nggak berbuntut masalah yang ribet.
     
  • Siapkan diri
    Untuk beberapa travel fair favorit, penggemarnya bisa membludak bahkan sampai rela antri berjam-jam sebelum gerbang dibuka untuk mendapatkan diskon '100 orang pertama'. Belum lagi di lokasi kita akan banyak berjalan kaki untuk mengunjungi booth-booth yang ada. Jadi, kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman, serta bawa air putih dan cemilan. Cukup istirahat juga penting agar di sana badan nggak cepat capek.
     

Dengan strategi ini, semoga kita bisa mendapatkan manfaat maksimal saat mengunjungi travel fair, ya. Selamat merencanakan liburan!

Comment