Menerapkan Semangat Nasionalisme Sehari-hari
Thursday, 27 October 2016
LIFESTYLE
MENERAPKAN SEMANGAT NASIONALISME SEHARI-HARI
0

Setiap 17 Agustus, Indonesia tercinta merayakan kemerdekaan. Meski kita telah merdeka selama 71 tahun, tapi sikap cinta tanah air dan nasionalisme tetap perlu diterapkan dalam hidup kita sehari-hari. Berikut beberapa contoh kegiatan sederhana yang bisa kita lakukan untuk memupuk sikap nasionalisme yang tinggi.

  • Cintai produk dalam negeri
    Dengan mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri, secara nggak langsung kita menjadi promotor sekaligus endorser produk-produk lokal. Nggak hanya meningkatkan pendapatan masyarakat lokal, tapi juga menaikkan pamor produk Indonesia di pasar internasional.
     
  • Ikuti upacara bendera
    Setiap Senin pagi, kita wajib mengikuti upacara bendera yang diadakan di lapangan terbuka secara khidmat. Selain menjadi peserta, kita juga menjadi petugas upacara. Aktif dalam kegiatan ekskul baris-berbaris atau menjadi anggota Paskibra juga bisa meningkatkan rasa nasionalisme. Hal ini bertujuan untuk menghormati serta mengenang para pahlawan yang berjuang mati-matian melawan penjajah. Karena tanpa perlawanan gigih mereka, kita mungkin belum mencicipi kemerdekaan hingga sekarang.
     
  • Bangga akan bahasa dan budaya lokal
    Meski kita begitu fasih berbahasa asing, jangan pernah lupakan bahasa daerah dan pastinya bahasa nasional kita: Bahasa Indonesia. Sebisa mungkin, gunakan lebih banyak bahasa negeri kita sendiri dalam percakapan sehari-hari atau segala kesempatan lain. Kuasai dengan baik dan benar. Kalau bukan kita, siapa lagi yang bakal meneruskan warisan budaya tanah air?
     
  • Harumkan nama negara
    Buat diri kita bangga menjadi warga negara Indonesia dengan cara mengukir prestasi gemilang di berbagai bidang. Karena dengan prestasi tersebut, Indonesia bakal dianggap sebagai negara kuat dan disegani oleh negara lain. Beri dukungan penuh kepada negara kita dalam persaingan maupun perkembangan di kancah internasional.
     
  • Mengamalkan Pancasila
    Bukan hanya sekadar dihapal di luar kepala, tapi juga dipraktekkan langsung dalam kehidupan kita. Karena kedudukannya yang penting sebagai dasar negara, maka sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita wajib mempelajari, menghayati dan mengamalkan Pancasila yaitu mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
     
  • Promosikan Indonesia di sosmed
    Sosmed adalah cara paling mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain, nggak hanya lewat tulisan, tapi juga bisa dengan foto maupun video. Upload konten seru tentang Indonesia yang membuat kita sebagai generasi muda mengeksplor lagi kekayaan budaya, tempat bersejarah, dan hal unik lainnya. Ini bisa menginspirasi anak muda lainnya untuk cinta negeri sendiri, juga membantu Indonesia lebih dikenal oleh teman-teman kita dari negara lain.

Comment