LIFESTYLE

Bangga Jadi Orang Indonesia

Senin, 21 Desember 2015
Bangga Jadi Orang Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepatutnya kamu merasa bangga sebagai anak bangsa yang cinta tanah air. Coba bikin daftar apa saja hal-hal yang bikin kamu dengan Indonesia. Setelah itu, baca artikel ini, bisa jadi alasannya juga ada di sini!

  1. Negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah sekitar 13.487 pulau. Nggak heran kalau Indonesia punya spot-spot wisata yang indah dan menarik di segala penjuru. Mulai dari pantai, taman bawah laut, gunung, hutan, sawah, desa, kota, semuanya lengkap dari Sabang sampai Merauke!
  2. Indonesia masuk dalam daftar 7 Keajaiban Dunia. Candi Borobudur di Jogja dan Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur menjadi dua obyek wisata yang paling sering dan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara.
  3. Variasi citarasa kuliner yang khas. Nggak hanya lezat, makanan dan minuman khas Indonesia bisa terkenal dan mendunia karena memiliki ragam citarasa yang menggugah selera serta kaya akan bumbu rempah-rempah Indonesia. Salah satunya adalah rendang.
  4. Kaya akan budaya yang beragam. Ada sekitar 1.128 suku asli Indonesia. Jadi kebayang dong, betapa kayanya Indonesia mulai dari bahasa, dialek, pakaian, adat-istiadat, hingga kesenian?
  5. Memiliki aneka jenis flora dan fauna yang unik. Dari spesies anggrek saja, ada setidaknya 5.000 jenis yang tumbuh di lahan tropis Indonesia. Rafflesia arnoldi juga termasuk bunga nasional yang hanya tumbuh di hutan Kalimantan dan Sumatera. Orang utan, bekantan, komodo, badak bercula satu, anoa, dan tapir adalah spesies hewan langka dan dilindungi yang hanya bisa ditemukan di Indonesia.
  6. Mengukir prestasi di kancah internasional. Banyak nama-nama warga negara Indonesia yang mengharumkan nama bangsa lewat karya-karya kreatifnya sebagai animator, aktor, sutradara, musisi, desainer di luar negeri. Bukan itu saja, bahkan atlet nasional sering meraih medali emas di beberapa cabang olahraga, salah satunya bulutangkis.
  7. Penghasil batu mulia terbaik di Asia. Nggak hanya tren musiman semata, ternyata batu-batu akik yang banyak beredar di pasaran saat ini memang berasal dari sini, lho. Salah satunya batu bacan yang menjadi incaran kolektor baik dari dalam maupun luar negeri.
  8. Produsen kopi termahal di dunia. Selain kopi Mandailing, Gayo, Flores, Toraja, Lampung, Bali, Indonesia juga punya kopi luwak yang populer dan digemari kalangan pecinta kopi di seluruh dunia.
  9. Terkenal sebagai salah satu negara industri kerajinan di dunia. Kerajinan songket dan batik tulis adalah dua mahakarya bangsa Indonesia yang diagungkan di banyak negara asing.
  10. Semangat gotong-royong dan penuh toleransi. Orang Indonesia terkenal ramah dan senang berkumpul. Semangat kebersamaan inilah yang bikin kita lebih mudah beradaptasi dan bertoleransi dengan orang-orang yang berlatar belakang suku dan budaya berbeda.