Rahasia Perawatan Kulit Khas Indonesia
Monday, 21 December 2015
BEAUTY
RAHASIA PERAWATAN KULIT KHAS INDONESIA
0

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman budaya. Bahkan, setiap suku di pelosok tanah air memiliki beragam ritual kecantikan yang telah diwariskan secara turun-temurun. Yuk, telusuri apa saja rahasia kecantikan dan perawatan kulit tradisional asli Indonesia!

Lulur Mangir
Lulur dengan mangir merupakan ritual yang biasa dilakukan oleh putri Keraton Jawa untuk mendapatkan kulit senantiasa sehat dan berwarna kuning langsat. Ramuan yang terbuat dari rempah-rempah seperti temu giring, kunyit, cendana, akar wangi dan beras ini memiliki wangi khas yang dipercaya dapat menambah semangat untuk beraktivitas sehari-hari serta mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

Olesan Madu
Salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi peradangan kulit, baik berupa jerawat atau masalah lainnya, adalah dengan mengoleskan madu murni. Ini karena madu memiliki sifat anti bakteri dan anti peradangan. Tak hanya itu, nutrisi dalam madu juga dapat membantu menjaga kehalusan kulit, karena itu bisa dicampurkan ke masker buah alami.

Minum Jamu
Tradisi minum ramuan jamu yang berasal dari tumbuh-tumbuhan alami telah menjadi kebiasaan Putri Keraton Jawa untuk merawat kesehatan dan kecantikan dari dalam tubuh. Ada beberapa ramuan jamu yang dapat membuat kulit tubuh terlihat cerah dan tetap kencang, di antaranya beras kencur dan kunyit asam.

Mandi Bunga
Mandi bunga ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Campuran air dengan tujuh macam bunga (mawar merah, mawar putih, melati, sedap malam, kantil, cempaka, dan kenanga) dapat memberikan efek segar serta relaksasi bagi tubuh, jiwa dan pikiranmu.

Agar kulit tampak cerah, sehat dan terlindungi, setelah mandi langsung oleskan Marina Hand & Body Lotion UV White yang memiliki formula Biowhitening Complex yang teruji klinis membuat kulit tampak lebih cerah.

Bedak Sirih
Cewek Bugis terkenal senang merawat kulit agar tampak putih dengan mengoleskan bedak dingin pada wajah dan tubuh. Salah satunya adalah bedak sirih yang terbuat dari campuran sirih, gambir, tepung beras, kunyit, dan buah pinang muda. Campuran dari tumbuh-tumbuhan itu kemudian dioleskan ke tubuh 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit cerah.

Timung
Timung atau Batimung yang dalam bahasa Banjar Kulua, merupakan mandi tradisional ala orang Banjar. Nggak hanya bikin tubuh lebih wangi dengan aroma rempah-rempah, ritual ini pun dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit.

Nah, itulah beberapa rahasia cantik dari beragam budaya yang ada di Indonesia. Nggak ada salahnya untuk kamu coba.

Comment