MEET THE EXPERT

Dhermatologist - Ahli Kulit

dr. Litya Ayu Kanya Anindya, Sp.KK

dr. Litya Ayu Kanya Anindya, Sp.KK

Kulitmu mudah kering? Atau mudah kusam? Konsultasikan masalah seputar kulitmu dengan dr. Litya Ayu Kanya Anindya, Sp.KK yuk!

TANYA SEKARANG

Fashion Blogger

Evita Nuh

Evita Nuh

Merasa kurang pede mengekspresikan dirimu dengan fashion? Ceritakan pada Evita Nuh! Siapa tau dia punya tips & trick khusus untuk kalian.

TANYA SEKARANG

Beauty Blogger

Sasyachi

Sasyachi

Bingung pakai makeup yang cocok buatmu? Atau bingung pakai dress buat first date? Obrolin yuk bareng Sasyachi!

TANYA SEKARANG

EXPERT BOOK

Dhermatologist - Ahli Kulit Fashion Blogger Beauty Blogger
Dari : ULFHI YULIANI
Pertanyaan : Aku sebelumnya tinggal di daerah yang udaranya dingin dan sekarang aku jadi mahasiswi yang merantau ke daerah yang udaranya cukup panas. Akibatnya, kulitku jadi berminyak dan mudah timbul jerawat, padahal sebelumnya kulitku cenderung agak kering. Mohon solusinya untuk mengatasi masalah kulitku.
Jawaban : Udara yang panas memang dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak. Kalau kulitmu tidak dijaga kebersihannya, maka jerawat dapat muncul. Kamu bisa membersihkan wajah lebih sering menggunakan sabun khusus wajah yang formulanya lembut. Selain pagi dan malam, bersihkan juga wajah pada siang hari untuk mengurangi kelebihan minyak dan membersihkan kotoran yang melekat di kulit. Untuk mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat, dapat digunakan obat oles yang mengandung retinoid pada malam hari. Kalau masalah jerawat sudah terlalu berat, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit.
Dari : Rini Kartika Sari
Pertanyaan : Aku mau tanya, bagaimana cara mengembalikan kulit yang belang? Rasanya nggak pede kalau terlihat sama orang lain kulitku belang, huhuhu… Mohon jawabannya.
Jawaban : Belang pada kulit dapat berupa warna kulit yang lebih gelap ataupun lebih terang dibanding kulit normal di sekitarnya. Secara umum, warna kulit yang lebih gelap akan lebih mudah dipudarkan dibandingkan mengembalikan warna pada kulit yang lebih terang. Kulit yang berwarna lebih terang dibanding kulit sekitarnya dapat diakibatkan gangguan perlindungan kulit sehingga kelembapan kulit berkurang. Kamu bisa menggunakan pelembap agar kulit kembali lembap, dapat pula dikombinasi dengan produk yang mengandung retinoid. Apabila belangnya disebabkan warna lebih gelap, kamu dapat menggunakan produk yang mengandung pemutih yang aman, misalnya arbutin, kojic acid, azaleic acid, ekstrak licorice, ekstrak mulberry, retinoid, atau ?-hydroxy acid (AHA). Untuk mencegah kulit bertambah gelap, sebaiknya hindari paparan sinar matahari dan bila perlu gunakan tabir surya. Kulit belang juga bisa disebabkan berbagai jenis penyakit kulit atau bekas proses peradangan maupun luka. Sebaiknya Rini berkonsultasi ke dokter kulit agar dapat diketahui penyebab kulit belang dan cara mengatasinya.
Dari : Sharina Lolyta
Pertanyaan : Kulitku termasuk jenis kulit kering, jadi sehabis mandi harus selalu menggunakan body lotion, terutama di bagian kaki. Kalau tidak, kulit jadi terasa aneh. Body lotion dengan kandungan apa ya, yang cocok untuk kulit kering agar selalu lembap setiap hari?
Jawaban : Untuk merawat kulit kering, ada beberapa hal yang harus diperhatikan: Air dan sabun saat mandi. Hindari mandi dengan air panas atau terlalu hangat karena menyebabkan kulit bertambah kering. Untuk sabun, pilih yang tidak mengandung deterjen karena dapat merusak perlindungan kulit sehingga kelembaban kulit berkurang. Penggunaan pelembap. Saat yang paling baik untuk menggunakan pelembab dan body lotion adalah segera sesudah mandi. Karena pada saat itu, kulit berada dalam kondisi sangat lembap. Pada dasarnya, kulit kering disebabkan karena berkurangnya kemampuan kulit bagian atas untuk menjaga kelembapan kulit, bisa jadi karena rusaknya perlindungan kulit. Untuk mengatasinya, dapat digunakan pelembap yang dapat memperbaiki perlindungan kulit, misalnya ceramide, gliserol, dan asam lemak. Dapat pula digunakan bahan yang mencegah cairan untuk menguap dari kulit misalnya petrolatum, lanolin, dan propylene glycol. Pada lingkungan dengan kelembaban tinggi, dapat digunakan pelembab dengan bahan yang dapat menyerap air dari lingkungan sekitar, misalnya ?-hydroxy acid (AHA), propylene glycol, gliserin, atau urea.
Dari : Risa ameilia
Pertanyaan : Aku kan masih di masa puber. Wajahku berminyak banget di daerah T dan di situ juga timbul jerawat. Wajahku jadi terlihat kusam apalagi kalau pulang sekolah padahal aku selalu di ruangan ber-AC. Aku sudah sering berganti facial wash dan day cream juga. Bagaimana ya, cara mengatasinya?
Jawaban : Pada masa puber, terjadi perubahan hormon yang mempengaruhi aktivitas kelenjar di kulit. Akibatnya, kulit wajah menjadi lebih berminyak dan mudah timbul jerawat. Selain pengaruh lingkungan, produksi minyak di kulit juga dapat dipengaruhi oleh aktivitas. Cara paling mudah mengatasinya adalah membersihkan wajah secara rutin menggunakan sabun yang lembut dan tidak mengandung detergen. Selain pagi dan malam, sebaiknya wajah juga dibersihkan siang hari terutama sesudah beraktivitas atau setelah terpapar kotoran. Untuk obat yang dioleskan, dapat digunakan krim perawatan wajah malam hari yang mengandung retinoid. Kombinasi dengan antibiotik atau obat lain dapat dilakukan dengan menilai tingkat beratnya jerawat. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kulit agar mendapat pengobatan yang tepat.
Dari : Dewi Khuriyatul Khukamah
Pertanyaan : Jika saya memakai produk kecantikan untuk mencerahkan, kulit saya malah jadi kering walaupun bertambah cerah. Dan saat saya berhenti memakai produk tersebut sebentar saja, kulit saya malah gampang berminyak. Bagaimana ini bisa terjadi? Produk dengan kandungan seperti apakah yang cocok untuk kulit saya?
Jawaban : Hati-hati terhadap produk kecantikan yang dijual di toko, apalagi bila produk tersebut memberi hasil instan. Perhatikan apakah produk tersebut telah mendapat persetujuan dari badan POM. Hal ini untuk menghindari penggunaan bahan yang berbahaya bagi kesehatan, misalnya logam berat, contohnya merkuri. Bila ingin menggunakan produk pencerah kulit yang dijual bebas, maka dapat digunakan produk yang mengandung arbutin, kojic acid, azaleic acid, ekstrak licorice, ekstrak mulberry, retinoid, atau ?-hydroxy acid (AHA). Namun jika berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit akan diresepkan krim yang mengandung tretinoin dan hidroquinon. Namun obat tersebut harus digunakan dalam pengawasan dokter.
12345
Dari : fairuz irsa inshofia
Pertanyaan : Saya ingin bertanya. Saya orangnya mudah sakit hati. Kalau saya didiemin oleh teman-teman, saya selalu menangis. Kenapa ya, saya minta sarannya agar hal seperti ini tidak terjadi lagi. Terimakasih.
Jawaban : Pasti bete ya kalau didiemin teman seperti itu apalagi kalau tidak jelas sebabnya. Sakit hati sih boleh saja asal memang beralasan dan tergantung bagaimana kita mengekspresikan sakit hati tersebut. Berkonflik dengan teman adalah hal lumrah terjadi dalam pertemanan karena kamu dan temanmu merupakan individu berbeda dengan pengetahuan, pengalaman dan persepsi yang berbeda pula dalam menghadapi masalah apapun. Sebaiknya ketika ada konflik dengan teman, diperjelas dulu persoalannya dengan cara mengajak teman bicara secara santai. Jaga emosi yaaa agar pembicaraan bisa mulus. Turunkan ego masing-masing terlebih dulu. Sementara itu, kamu juga hindari berpikir negatif tentang apa yang ada di pikiran temanmu. Jika kamu berpikir negatif, maka reaksinya jadi menangis seperti yang sering terjadi. Yang ada di dalam pikiranmu belum tentu benar sampai kamu mendapatkan kejelasan dari temanmu ya... Namun ada kalanya didiemin artinya mungkin kamu perlu lihat alternatif mencari teman baru yang lebih dapat memahami diri kamu. Bergaulah seluas mungkin dengan teman-teman yang positif, yang dapat saling menghargai satu sama lain dan dapat membuat kamu merasa nyaman jadi diri kamu sendiri.
Dari : Sulianti Indah Sari
Pertanyaan : Kenapa ya kalau sedang PMS itu biasanya aku sering kesal cuma sama orang tertentu, misalnya pacar atau sahabat. Aku pernah tahan buat nggak marah-marah, tapi menstruasi aku malah jadi terlambat. Beda kalau aku melampiaskan emosi pas PMS, langsung aja deh menstruasi. Apakah itu wajar?
Jawaban : Saat kita sedang PMS memang lumrah jika menjadi lebih emosional karena ada pengaruh dari hormon yang muncul saat tubuh bersiap menghadapi menstruasi. Nah kenapa hanya ke orang-orang tertentu? Sebenarnya ini sifatnya bisa jadi situasional, misalnya saat PMS kamu sedang berurusan dengan satu temanmu dalam sebuah tugas kelompok. Namun bisa juga karena kedekatan hubungan emosional. Semakin dekat hubungan emosionalmu dengan seseorang maka makin peka juga perasaan kamu terhadap perilaku mereka. Saran saya, kenalilah tanda-tanda PMS dari diri kamu sendiri karena tiap orang bisa berbeda. Ketika sudah menyadari bahwa sedang PMS maka cobalah untuk menghindari situasi yang bisa memancing emosimu. Cobalah tetap aktif dan berolahraga yang bisa menenangkan pikiran serta perasaanmu seperti jalan kaki, jogging atau yoga. Lalu mengapa ketika dilampiaskan emosi kekesalanmu, menstruasi malah lebih lancar. Secara psikologis, ketika kamu melampiaskan ketegangan emosimu, maka kamu akan terasa lebih lega atau relaks sehingga ini bisa jadi berpengaruh kepada metabolisme tubuhmu.
Dari : nisrina
Pertanyaan : Akhir akhir ini aku takut untuk pergi sekolah dan bertemu orang baru, kadang juga suka takut sama hal-hal yang belum aku ketahui. Saking takutnya sampai aku sering cemas dan mikirin terus, ini membuat aku sering capek. Apa ya solusinya biar nggak begini terus?
Jawaban : Tentu melelahkan sekali ya kalau dihinggapi rasa takut terus. Tetapi dengan menyadari bahwa rasa takut tersebut menyiksa dirimu ini merupakan pertanda baik, lho. Rasa takut tidak sepenuhnya buruk. Rasa takut itu ada sebenarnya bagian dari mekanisme pertahanan dirimu untuk melindungi diri dari bahaya. Jadi wajar saja jika kamu takut pada hal baru atau hal yang belum kamu mengerti. Bagaimana supaya tidak takut? Ya cari tahu sehingga kamu lebih paham dan tidak takut lagi. Dalam melakukan hal ini kamu bisa minta bantuan teman, orangtua, kakak, atau guru yang bisa memahami masalahmu ini. Jadi yang pertama sekali perlu kamu lakukan adalah ceritakanlah tentang masalahmu ini pada orang dekatmu agar mereka bisa bantu. Masih ada hal lain yang dapat coba lakukan sendiri, yaitu coba pelajari teknik relaksasi sederhana yang dapat kamu praktekkan setiap kali rasa takut datang. Misalnya, menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan. Lakukan ini beberapa kali sampai kamu merasa tenang. Selamat mencoba, ya.
Dari : tata
Pertanyaan : Aku ingin bertanya mengenai perubahan remaja akhir menuju dewasa awal. Bagaimana awal baik memulai dewasa awal agar aku bisa benar-benar dewasa? kadang aku masih ingin bersikap seperti kala SMA.
Jawaban : Waktu akan terus bergulir, demikian juga usiamu terus bertambah. Akan lucu jika usia bertambah tapi tingkah laku tidak menyesuaikan. Tapi tentu adakalanya kamu boleh saja melakukan apapun yang kamu suka (sesuai umur atau tidak) di saat-saat tertentu, misalnya mandi hujan di belakang rumah atau menyanyi keras-keras di kamar sendirian. Pertambahan usia membawa tuntutan tersendiri bagi dirimu. Memasuki masa dewasa awal seperti Tata saat ini, yang perlu dilakukan adalah menyadari tuntutan apa yang ada di sekitarmu, misalnya dalam hal pendidikan, pergaulan, keluarga, dan sebagainya. Coba penuhi tuntutan tersebut dengan tetap menyesuaikan dengan potensi kemampuan dan minatmu tentu saja. Buatlah target-target kecil buat dirimu sendiri, misalnya mencoba tidak tersinggung lagi ketika ada yang mengkritik atau hal lainnya yang sudah tak pantas lagi ditunjukkan di usiamu sekarang. Diskusikanlah dengan orang dekatmu tentang apa saja yang perlu kamu ubah. Tapi, tentu saja kamu juga harus bersedia terbuka akan masukan dari mereka. Mau menerima masukan dari orang lain dengan lapang dada juga tanda kedewasaan, lho.
Dari : Savira Amalia
Pertanyaan : Kasih tips dong kak, biar kita tahu bakat kita di mana dan bagaimana cara milih jurusan yang tepat.
Jawaban : Hai Savira, di psikologi ada banyak alat ukur yang bisa membantu kamu melihat bakat juga kelebihan-kekurangan yang dapat dipakai untuk menentukan pilihan jurusan kuliah apa yang cocok dengan kamu. Kamu tinggal menghubungi layanan jasa psikolog di kotamu, ya. Selain itu, kamu juga bisa kenali bakatmu sendiri dengan melihat beberapa indikator berikut: Bidang/aktivitas apa yang kamu suka sekali sehingga kamu tidak pernah bosan untuk melakukan atau membicarakannya dengan orang lain. Bidang/aktivitas apa yang hasil karyamu sendiri melebihi standar rata-rata orang kebanyakan. Bidang/aktivitas apa yang kamu sangat bersemangat untuk belajar tentang hal-hal baru yang berkaitan dengannya. Jika sulit dikenali sendiri, diskusikan hal ini dengan orang terdekatmu, ya...
Dari : Ria Yunita
Pertanyaan : Kak, bagaimana ya cara menghilangkan nerfes saat bicara di depan orang banyak? Bagaimana cara menimbulkan percaya diri agar terlihat pede.
Jawaban : Tidak mudah memang untuk tampil di depan orang banyak apalagi jika kamu harus bicara. Rasa gugup atau nervous sudah pasti datAng mengganggu karena semua mata menuju pada diri kamu. Para pembicara terkenal pun dulu mengalami hal yang sama di awal karir mereka. Terkadang juga ketika menghadapi situasi atau audiens yang baru, meski telah berpengalaman, rasa gugup pun masih ada. Jadi pertama, kamu harus menerima bahwa gugup itu wajar, tinggal bagaimana mengatasinya. Nah, di sini saya akan memberikan cara yang bisa kamu coba lakukan. Persiapkan poin-poin yang ingin kamu sampaikan dari jauh hari sebelumnya. Tidak perlu menghafal, kamu boleh saja tuliskan di secarik kertas yang dapat kamu lirik selagi kamu bicara. Persiapkan penampilanmu dari sehari sebelumnya: pakaian, sepatu dan sebagainya. Berlatih sebanyak kamu bisa di depan kaca atau di depan audiens khusus, seperti orangtua, kakak/adik. Cobalah teknik visualisasi saat kondisimu sedang relaks, misalnya sebelum tidur atau saat santai lainnya. Bayangkan dirimu sedang bicara di depan orang banyak. Bayangkan situasinya sedetil mungkin dan latihlah dirimu terbiasa dengan situasi itu. Lakukan ini beberapa kali sampai kamu lebih santai menghadapi situasi tersebut. Jika membantu, kamu juga bisa mengunjungi tempat kamu akan bicara, sehari sebelumnya. Atau, datanglah lebih pagi pada hari H sehingga kamu sempat mengenali medan terlebih dulu. Setelah melakukan semuanya, jangan lupa berdoa agar semuanya lancar. Sebagian orang merasa gugup jika harus menatap mata para audiensnya maka mereka memandang kening para audiens saja. Oke Ria, selamat mencoba!
Dari : Alifia Nurullita
Pertanyaan : Aku adalah tipikal orang yang ekspresif dan mudah marah. Selain itu karena sifatku yang ekspresif, aku sering merasa khawatir akan pendapat dan perasaan orang lain tentang aku. Terkadang saya merasa, sifatku tidak dapat dikendalikan. Bagaimana caranya agar aku bisa mengendalikan sifat ini?
Jawaban : Memang sering kali sulit sekali rasanya untuk mengendalikan amarah tapi bukan berarti tidak bisa. Pasti bisa kok, walaupun memang butuh waktu dan latihan. Saat ini kamu sudah menyadari akibat buruknya dari sifatmu dan ini patut dapat acungan jempol karena artinya kamu ingin berubah. Yang dapat kamu coba lakukan adalah memberikan jeda kepada dirimu sendiri saat sedang emosional. Ini tidak mudah jadi butuh latihan. Ketika amarah mulai naik, berikan jeda bagi dirimu dengan cara antara lain pergi sebentar untuk tenangkan diri. Ada orang yang bisa tenang dengan cara minum air, cuci muka, tarik nafas dalam-dalam, berteriak di ruangan sepi, mendengarkan musik keras-keras, atau membuat coret-coretan di kertas. Pilihlah cara mana yang kamu suka dan dapat membuat dirimu tenang. Menenangkan diri terlebih dulu sangat penting agar ada kesempatan bagi akal sehatmu untuk mereview masalah dan menentukan tindakan yang dapat kamu ambil tanpa memperburuk suasana atau menyakiti orang lain. Kamu akan terhindar dari melakukan perbuatan yang nantinya akan kamu sesali.
Dari : Gabriella Santa Monica
Pertanyaan : Aku mau bertanya, bagaimana caranya membuat self protection? Orangtuaku sudah cerai, sekarang aku tinggal sama mama. Sedihnya, mama kadang mem-bully aku dengan kata-kata yang nggak pantas dan ini bikin aku down. Aku juga sering dipukul dan dimarahi di depan umum, teman-teman, dan keluarga. Kadang aku malu tapi mau bagaimana lagi. Aku cuma punya hubungan baik sama teman-teman dan Tuhan aja.
Jawaban : Saya turut prihatin dengan kehidupan yang kamu jalani sekarang. Pasti sangat berat. Namun saya salut karena kamu masih bisa tetap kuat sampai sekarang ini. Saya harus sampaikan tidak sepatutnya seorang ibu menyakiti anaknya. Perlakuan orangtua yang menyakiti anaknya bisa dilaporkan sebagai kekerasan terhadap anak yang sudah ada undang-undangnya. Untuk tahu lebih banyak tentang hal ini dan untuk minta bantuan ketika kamu sudah terdesak, kamu bisa lihat informasinya di www.pelindunganak.org, situs yang dibuat oleh Unicef Indonesia. Di luar itu, masih ada yang dapat kamu lakukan sebagai anak. Cobalah minta bantuan pada kerabat keluarga seperti paman/bibi, kakek/nenek atau kerabat yang dihormati mama kamu untuk mengajak mama bicara dari hati ke hati. Biasanya perlakuan kasar orangtua terhadap anaknya dilatarbelakangi stres. Dalam hal ini, bisa saja kegagalan perkawinan membuat mama jadi terbebani pikirannya. Kamu harus mendapatkan orang yang bisa membantumu agar kamu tidak sendirian dalam menghadapi persoalan ini. Sementara itu, cobalah untuk tidak membuat alasan yang dapat membuat mama marah. Tetap fokus kepada sekolahmu dan buat mama bangga dengan prestasimu. Kembangkan bakat dan minat yang kamu miliki sehingga dapat menjadi sesuatu yang membanggakan dan menjadi bekal hidup kamu nantinya.
Dari : Loly oktaviane
Pertanyaan : Bagaimanakah caranya menghadapi seseorang yang memiliki kepribadian temperamental?
Jawaban : Orang yang temperamental sangat mudah terpancing emosinya. Reaksinya seringkali diwarnai reaksi fisik seperti membanting pintu, menggebrak meja, nada suara tinggi serta bicara kasar. Jika seseorang ini adalah seseorang yang dekat denganmu akan sangat membantu jika kamu membantunya untuk menyiapkan diri ketika akan menghadapi situasi baru, situasi yang belum jelas atau situasi yang mungkin akan memancing emosinya. Ajak dia untuk membayangkan apa saja yang mungkin akan dihadapi dalam situasi tersebut. Seringkali hal ini membantu orang yang temperamental untuk mengantisipasi keadaan sehingga mereka lebih siap secara emosi. Saat mereka sedang emosi, sebaiknya kamu jangan ikut terpancing. Jangan lawan keras dengan kekerasan juga karena tidak akan menyelesaikan masalah. Sebaiknya kamu menjaga jarak untuk sementara waktu untuk memberinya waktu untuk menenangkan diri.
Dari : Imelda
Pertanyaan : Kak, bagaimana sih caranya biar cepat move on dan bisa nunjukin ke mantan kalo kita itu bisa lebih bahagia walau gak ada dia?
Jawaban : Putus dari pacar memang membuat patah hati dan sedih bukan main tentunya. Betul apa yang kamu bilang, you should be happy even without him! Tapi untuk jadi bahagia sebenarnya kamu tidak perlu menjadikan orang lain sebagai alasannya. Karena jika orang lain itu pergi, maka kebahagiaanmu pun akan mengikutinya pergi. So be happy for yourself! Hargai dirimu sendiri dengan melakukan aktivitas yang membuatmu merasa senang. Buatlah dirimu sibuk dengan berbagai aktivitas bersama teman-teman baikmu. Ikuti aktivitas baru dan berkenalan dengan orang-orang baru juga dapat membuat pikiranmu terbuka serta mengalihkan pikiranmu dari si dia. Dekatkan diri juga dengan keluargamu karena mereka adalah orang-orang yang tetap menyayangimu sampai kapanpun.
Dari : Ade Kartika
Pertanyaan : Minta sarannya ya. Mamaku orangnya super emosian dan suka membesar-besarkan masalah yang sepele. Akhir-akhir ini, kalau aku mau jalan bareng temanku, ia suka punya pikiran negatif dan akhirnya dilarang pergi. Aku jadi sedih karena merasa nggak dipercaya. Kadang kalau kesal, aku balas dengan emosi tapi masalahnya malah jadi besar.
Jawaban : Orangtua, terutama mama, memang bisa bikin kita kesal. Tetapi percayalah, mereka begitu karena mereka punya rasa sayang yang tak terbatas untuk kamu. Rasa sayang ini membuat mereka terlalu melindungi bahkan terlalu mengatur karena mereka merasa tahu apa yang terbaik untuk kamu. Banyak orangtua yang juga belum siap menerima kondisi dimana anaknya bukanlah anak kecil lagi. Nah, ini yang perlu kamu perlihatkan kepada orangtua terutama mama. Tunjukkan kedewasaan dan kematangan kamu dalam keseharian, misalnya lebih mandiri dalam segala hal, menunjukkan prestasi belajar yang baik, dan tunjukkan tanggung jawabmu dalam menyelesaikan semua tugas, baik sekolah maupun rumah. Mengenai keinginanmu untuk pergi bersama teman, bicarakan dengan mama baik-baik. Diskusi dan negosiasikan seperti jam berapa harus pulang, bolehnya pergi ke mana, apakah mama boleh ikut mengantar-jemput, dan sebagainya. Lakukan bertahap sehingga mama merasa nyaman melepas kamu untuk pergi sendiri bersama teman-teman.
Dari : Vega Larasati
Pertanyaan : Aku suka merasa kalau teman-temanku ngedeketin aku saat mereka butuh aja, kalau nggak mereka sering cuekin dan aku didiemin. Sakit hati rasanya dimanfaatkan begitu. Apa yang harus aku lakukan?
Jawaban : Sedih pasti jika kita didekati saat butuh saja. Ada dua kemungkinan mengapa teman-temanmu berperilaku demikian. Mungkin mereka memang bukan teman-teman yang baik. Jika demikian, maka mungkin sudah saatnya kamu mencari teman baru yang lebih tulus berteman denganmu apa adanya. Bisa saja mereka berperilaku demikian karena mereka tidak tahu dengan apa yang kamu rasakan. Jadi ya mereka cuek saja karena kamu terlihat tidak apa-apa dengan perlakuan mereka. Sudahkah kamu utarakan keberatanmu pada mereka? Jika belum, cobalah ajak mereka bicara dan utarakan bagaimana perasaanmu. Jika mereka teman yang baik, mereka akan menerima dan berusaha menjadi teman yang lebih baik bagi kamu.
Dari : Marlia Sinaga
Pertanyaan : Aku mau curhat nih. Ada temanku yang gayanya belagu banget, dia suka pamer kekayaan keluarganya. Dia juga suka ngomongin orang-orang yang nggak sekaya dia tapi di belakang mereka. Aku sama teman-teman sekelas nggak suka sama dia. Sebenarnya dia kenapa begitu ya, dan aku harus gimana menghadapi dia?
Jawaban : Setiap orang senang mendapatkan perhatian dari orang-orang di sekitarnya. Ada yang berusaha untuk mendapatkanya dengan berbagai cara, termasuk dengan menceritakan kelebihan dirinya seperti temanmu itu. Tapi, temanmu kurang tepat jika hanya mengedepankan kekayaannya untuk dianggap keren atau hebat. Apalagi dia juga merendahkan orang lain yang tidak seberuntung dia. Sebagai teman yang baik, kamu bisa terus menjadi pendengar yang baik saja. Sesekali kamu bantu alihkan dia dari topik pembicaraan tentang kekayaannya, misalnya ajak dia untuk mengadakan kegiatan bakti sosial membantu anak-anak di panti asuhan, tentu sebagian dana bisa didapatkan dengan bantuan donasi darinya. Tujuannya adalah agar temanmu ini melihat bahwa memang ada banyak orang yang tidak sebaik dia nasibnya dan bagaimana dia bisa membantu mereka. Dengan cara ini, kamu membantunya untuk lebih berempati pada kondisi orang lain dan semoga sikap ‘belagu’-nya bisa berkurang.
Dari : Imme
Pertanyaan : Aku merasa seperti nggak punya teman dekat. Memang sih temanku banyak dan mereka yang bilang kalau aku seru dan rame dan enak diajak berteman. Tapi kalau mereka sudah main sama sahabatnya masing-masing, aku jadi ngerasa sendirian dan nggak punya siapa-siapa. Sedih banget. Apa yang harus aku lakukan?
Jawaban : Kamu pasti dapat memeriahkan suasana sehingga teman-temanmu senang berteman dengan kamu dan beranggapan kamu orangnya seru, rame, serta supel. Namun mungkin saja pembawaanmu yang seperti itu membuat kesan kalau kamu kurang bisa diajak serius ketika temanmu ingin curhat. Jadi salah ya punya pembawaan santai, humoris, seru dan rame? Tidak juga. Tetaplah jadi dirimu sendiri karena teman-temanmu menyukai dirimu apa adanya. Namun kamu perlu lebih terbuka kepada mereka ketika kamu sedang ada masalah dan juga butuh bantuan mereka sebagai teman/pendengar yang baik. Tentu untuk curhat, kamu butuh teman yang benar-benar bisa memahamimu dan bisa kamu percaya. Teman seperti itu kadang sulit didapat. Jadi sabar ya dan terus berteman dengan siapapun, siapa tahu yang akan jadi sahabatmu ada di antara mereka. Semoga membantu ya, Imme.
Dari : Riri Ariana
Pertanyaan : Aku sudah kuliah tapi sifat pemaluku ke cowok nggak hilang-hilang. Jadinya sampai sekarang aku belum pernah pacaran, hiks. Tiap kali aku diajak ketemu atau ngumpul sama cowok yang belum pernah aku kenal, aku bingung harus ngapain dan jadinya malah diam karena nggak bisa ngikutin obrolan yang lain. Akhirnya aku malah menjauh karena aku ngerasa nggak nyaman. Padahal kalau sama teman-teman cewek, aku suka becanda dan bawel. Tolong dong!
Jawaban : Pangeranmu mungkin masih menunggumu di luar sana, pangeran yang suka dengan putri pemalu seperti kamu. Jadi jangan pernah berhenti berharap yaaa... Sementara itu, ada beberapa saran yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kecenderungan pemalu kamu: Luaskan wawasanmu dengan banyak membaca atau lebih peduli dengan apa yang terjadi di sekitarmu. Coba juga untuk cari tahu tentang yang menarik bagi cowok, misalnya tentang sepak bola atau mobil/motor sehingga kamu dapat dengan mudah mengikuti obrolan mereka. Niatkan untuk menjalin pertemanan terlebih dulu setiap kali kamu bertemu dengan cowok sehingga tidak ada beban apapun di pikiranmu.Jadi kamu dapat bersikap lebih santai seperti saat kamu berada di tengah teman-temanmu yang perempuan.
Dari : Gracia
Pertanyaan : Salah satu resolusi tahun baru saya (yang sebenarnya sudah dari tahun lalu) adalah menguruskan badan. Tapi walau sudah persiapan dengan buat jadwal diet dan olahraga, trus belajar soal nutrisi, tapi semangat saya lama-lama turun dan akhirnya malah gagal seperti tahun lalu. Apa yang harus saya ubah secara mental? Tolong kasih saran, ya.
Jawaban : Hai Gracia, bukan hanya kamu yang punya resolusi menguruskan badan. Problemnya dengan resolusi, seringkali terlalu muluk atau terlalu tinggi melebihi kemampuan diri kamu. Jadi pertama, cek kembali perencanaanmu untuk mewujudkan resolusimu tadi. Apakah sudah cukup realistis? Tinjau kembali jadwal diet dan olahragamu. Apakah memang terlalu berat atau terlalu ketat? Jika perlu berkonsultasilah dengan ahli gizi yang bisa membantumu diet yang sehat. Lebih baik membuat target-target kecil yang sekiranya dapat kamu lakukan dengan mudah, misalnya jangan langsung patok harus sit up 30 kali tapi mungkin cukup dimulai dengan 5-10 kali dulu dan kemudian baru bertahap. Jika target terlalu tinggi, kita cenderung kurang termotivasi untuk mencapainya. Selain itu teguhkan lagi niatmu dengan memantapkan tujuan untuk apa atau siapa kamu menguruskan badan. Tujuan terbaik adalah untuk dirimu sendiri. Kamu pasti akan merasa lebih baik dengan dirimu sendiri ketika kamu bernampilan lebih bagus. So do it for yourself!
Dari : Tita Veronika
Pertanyaan : Aku lagi dilema nih. Aku suka banget sama dunia jurnalistik, tapi sayang orangtua aku gak mendukung. Mereka minta aku kuliah jurusan yang lain. Akhirnya aku ikuti kemauannya mereka dan berhasil dapat nilai-nilai memuaskan. Tapi sekarang aku masih ingin belajar tentang jurnalistik. Bagaimana caranya supaya orangtua aku setuju?
Jawaban : Memang sulit ya jika keinginan kita tidak dipahami apalagi oleh orang-orang terdekat kita. Menurut saya, kamu telah menunjukkan baktimu kepada orangtua dengan mengikuti kemauan mereka dan tetap menunjukkan prestasi yang membanggakan. Namun di sisi lain, kamu juga punya hak untuk terus mengembangkan apa yang menjadi ketertarikkanmu. Tetaplah mendalami jurnalistik meskipun tidak melalui jalur pendidikan formal. Jurnalistik biasanya dekat sekali dengan dunia tulis menulis. Tuliskan pemikiranmu dan coba muat di blog milikmu sendiri. Dengan demikian kamu tidak kehilangan hal yang kamu cintai dan tetap dapat menjadi anak yang berbakti. Dengan kegigihan usahamu, yakinlah suatu saat nanti orangtuamu akan terbuka hatinya dan menghargai keinginanmu.
Dari : Pithaloka
Pertanyaan : Apa ada cara menghilangkan sifat teledor? Aku sering kehilangan uang, handphone-ku hilang 2 kali, dan pernah mecahin gelas-gelas. Aku sudah berusaha hati-hati dan waspada, tapi kayaknya aku selalu sial.
Jawaban : Kamu bisa coba beberapa macam cara untuk atasi kecerobohanmu: Latihlah koordinasi tubuhmu melalui aktivitas olahraga secara rutin seperti yoga atau renang. Dengan koordinasi tubuh yang lebih baik, diharapkan kamu juga dapat lebih cermat dan cekatan bergerak atau melakukan sesuatu. Latihan fokus kepada apa yang sedang kamu lakukan. Sisihkan hal-hal lain yang dapat mengganggu konsentrasimu termasuk gadget. Kecerobohan juga bisa terjadi karena rasa cemas berlebihan atau panik, karenanya kamu juga pelru belajar teknik relaksasi untuk menenangkan diri. Jika masalah ini makin mengganggumu, kamu dapat berkonsultasi dengan psikolog.
Dari : Fasya Fayola
Pertanyaan : Banyak orang yang senang kakakku karena dia cantik dan pintar, bahkan aku ngerasa mamaku lebih sayang kakak dari pada aku. Sebalnya, aku jadi sering dibandingin sama dia. Aku sudah berusaha tampil lebih cantik dan banyak belajar, tapi nggak bisa sehebat kakak. Aku jadi ngerasa hopeless.
Jawaban : Hai Fasya, ketahuilah bahwa setiap individu itu unik, tidak ada yang sama persis. Jadi tidak bisa dibandingkan satu sama lainnya. Apalagi kamu dan kakakmu terpaut beda usia yang tentu saja membuat kemampuannya pun berbeda. Sikap mama yang seperti itu memang patut disayangkan, tapi di balik cara yang kurang tepat itu ada maksud yang baik tentu saja. Mama ingin kamu juga menjadi anak yang berhasil. Sebagai individu yang berbeda dengan kakak, kamu perlu mencari kelebihanmu sendiri. Cobalah lihat apa kelebihan atau sisi positif yang kamu miliki lalu kembangkan. Buatlah jurnal berisi hal positif dari dirimu, tulisakan satu hal setiap harinya. Jika masih terasa sulit, kamu bisa berdiskusi dengan sahabat atau konsultasi dengan psikolog untuk menemukan kelebihanmu.
Dari : Sheira Amelia
Pertanyaan : Saya orangnya suka punya pikiran buruk tentang diri sendiri. Kalau ada sesuatu yang salah, saya suka mikir kalau saya penyebabnya. Kalau saya naksir cowok tapi ternyata dia nggak suka, saya mikirnya mungkin karena saya jelek. Teman-teman dekat saya sudah sering kasih semangat dan bilang kalau saya nggak boleh negative thinking. Tapi susah banget menghilangkannya.
Jawaban : Hai Sheira, sayangilah dirimu sendiri. Lihat sekelilingmu, ada orangtua, keluarga, dan teman-temanmu yang pasti menyayangimu. Mereka saja sayang dan peduli padamu, kamu pun harus peduli dengan dirimu sendiri. Tuhan telah menciptakan manusia dengan keunikannya masing-masing. Syukurilah apa yang diberikan-Nya dengan menerima dan menghargai apa yang kamu miliki. Coba cari hal positif tentang dirimu. Minta bantuan teman dekatmu untuk hal ini jika sulit melakukannya sendiri. Jika ada cowok yang tidak balik suka pada dirimu bukan semata alasannya karena fisik lho, bisa saja karena hal lain. Bisa saja karena memang bukan dia jodohmu. Bisa saja kamu sedang disiapkan untuk mendapatkan yang lebih baik dari dia. Setiap kali pikiran negatif muncul, cobalah untuk menantang pikiran tersebut, “Apakah memang benar begitu?” Cobalah pikirkan hal-hal yang dapat mematahkan pikiran negatif tersebut. Mungkin ini tidak mudah karena memang butuh waktu dan latihan, tapi pada akhirnya kamu pasti bisa berpikir positif.
1234567891011121314151617181920
Dari : Sharon Isabella
Pertanyaan : Mata yang sipit bikin aku bingung pilih warna eyeshadow dan pakai eyeliner. Kasih tahu dong, bagaimana trik makeup untuk mata sipit.
Jawaban : Hello Sharon! Make up untuk mata sipit memang agak tricky, nih. Saranku buat yang punya mata kecil kayak kamu, gunakan eyeshadow warna terang di bagian kelopak mata, seperti gold, silver, pink, atau biru muda. Setelah itu kamu menggunakan warna gelap di bagian sudut mata, bisa pakai warna hitam atau cokelat tua. Untuk eyeliner, gunakan eyeliner pencil warna hitam di bagian dalam mata sepanjang garis bulu mata. Yang paling penting, jangan lupa untuk menggunakan bulu mata palsu yang sesuai dengan besar kecilnya mata kamu supaya tidak telihat berat. Bulu mata palsu sangat membantu membuat mata lebih besar. Good luck, ya!
Dari : Zeiny Sofiani Margana
Pertanyaan : Bingung banget buat pergi ke kampus saat mata kuliah yang nggak ngebolehin pakai jeans. Aku kuliah di jurusan yang nantinya menjadi pengajar. Kasih saran dong, kak.
Jawaban : Hai Zeiny,nggak seru ya, rasanya kalau nggak bisa pakai celana jeans. Tapi tenang, sekarang fashion items banyak banget dan masih bisa bikin kamu terlihat cantik dan modis. Untuk celana, kamu bisa pakai pleated trousers yang sedang tren sehingga bikin kamu terlihat modis. Coba googling ya, kalo nggak ada bayangan bentuk celananya seperti apa.
Dari : Liestianty Sulistiawati
Pertanyaan : Kak, bagaimana caranya mengaplikasikan pensil alis tanpa harus kelihatan tebal dan harus mencukur alis? Alis aku kan agak tebal dan punya pensil alis warna cokelat malah nggak terpakai, karena setiap dicoba malah hasilnya kelihatan kayak alisnya Sinchan. Minta pendapatnya kak, terima kasih.
Jawaban : Hai Liestianty, kalo urusan alis yang paling pertama adalah kamu harus terus belajar sampai kamu nemuin bentuk yang pas dan yang kedua harus sabar, hehehe. Kalo alisnya sudah tebal dan nggak mau mencukur alis, kamu bisa gunakan eyebrow powder. Nah, kamu tinggal bubuhkan eyebrow powder ini mengikuti bentuk alis, lalu gunakan concealer untuk merapikan bagian atas dan bawah alis supaya terlihat lebih bersih setelah menggunakan powder. Semoga membantu, ya!
Dari : ema surya putri
Pertanyaan : Bagaimana cara ber-makeup yang natural bagi pemula, mulai dari cara pilih bedak dan sebagainya, yang cocok dengan kulit kita?
Jawaban : Hai Ema, biasanya kalo pemula itu suka canggung saat memakai makeup. Jadi, gunakan makeup tipis saja supaya nggak terlihat menor dan lebih fresh. Untuk makeup pemula, kamu cuma membutuhkan: pelembap wajah-foundation yang sesuai dengan warna kulit dan tipe kulit kamu. Loose powder. Biasanya yang baru belajar makeup suka kaget kalo ketebelan, makanya pilih loose powder aja ya supaya keliatan lebih ringan. Pemilihan bedak juga di sesuaikan dengan warna kulit kamu. Satu warna eyeshadow untuk mata. Bisa gunakan warna cerah untuk sehari-hari dan warna gelap untuk ke pesta. Eyeliner. Untuk pemula aku saranin gunakan yang eyeliner spidol karena lebih mudah seperti menggambar dan cepat kering. Blush on warna merah muda atau cokelat muda. Lipstick. Kamu bisa pilih warna yang natural dan tidak terlalu mencolok seperti cokelat muda, peach, atau pink nude.
Dari : Anami Dera
Pertanyaan : Aku mau tanya dua hal tentang fashion nih: 1. Apakah ada aturan baku dan karakter tertentu dalam pengaplikasian fashion? 2. Menurut Saysatchi, apakah fashion yang baik itu fashion yang nyaman dipakai atau yang enak dipandang? Mohon penjelasannya, yaa...
Jawaban : Aku jawab sesuai yang aku tahu, ya. Sebenarnya untuk aturan baku menurutku nggak ada, tapi mungkin lebih ke aturan bagaimana pakaian yang kamu pakai terlihat enak dilihat. Misalnya, aturan bagaimana badan yang agak gemuk sebaiknya menghindari motif garis horizontal supaya tidak terlihat makin besar, dan sebaliknya orang yang kurus disarankan untuk menggunakan motif garis horizontal agar terlihat lebih berisi. Kalo aku pribadi lebih memilih pakaian yang nyaman dipakai, karena percuma kalau kamu mengenakan pakaian yang enak dipandang tapi kamu tidak nyaman mengenakannya. Jadi sebaiknya berpakaian yang sesuai dengan kepribadianmu dan tetap nyaman dikenakan.
Dari : Rizki Iftiani
Pertanyaan : Karena tubuh saya gemuk, saya jadi kurang pede dalam hal berpakaian. Saya kurang berani memakai rok atau model pakaian lain, hanya T-shirt dan celana jeans. Padahal saya ingin mengenakan pakaian yg lebih fashionable, tapi takut kalau model pakaian seperti itu tidak cocok untuk saya. Kira-kira model pakaian apa yang cocok untuk orang bertubuh pear seperti saya?
Jawaban : Apapun bentuk tubuh kamu, sebaiknya kamu syukuri. Nah, supaya kamu lebih percaya diri dalam berpakaian, sebaiknya perlahan kamu mengubah gayamu. Kalau perubahan terlalu drastis, bisa jadi kamu malah bingung dan malah batal berubah. Setahu aku, tubuh pear seperti kamu bisa mengenakan rok model A-line (melebar di bawah seperti huruf A) yang bisa menutupi pinggul berukuran besar. Kamu juga bisa memadukan outift berupa atasan berwarna terang dengan bawahan dengan warna gelap. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek kontras kepada busana yang kamu kenakan, sehingga perhatian orang lebih tertuju ke bagian atas tubuhmu. Selamat mencoba!
Dari : Diana
Pertanyaan : Hai Sasya, mau nanya sedikit soal makeup. Aku sering lihat kamu tampil dewy/glowy look di setiap foto/video tutorial. Sebenernya bisa nggak sih, makeup tersebut diterapkan untuk kulit yang berminyak? Thanks.
Jawaban : Hai Diana. Kalau aku pribadi cenderung mempunyai kulit yang kering, jadi aku suka banget tampil dewy/glowing. Biasanya aku nggak pernah menggunakan bedak sama sekali supaya kulitku terlihat “basah” dan “moist”. Tapi beda dengan kulit yang berminyak, kamu bisa tampil glowing juga kok. Untuk tampilan kulit glowing di kulit berminyak, aku sarankan tetap menggunakan foundation jenis matte dan loose powder untuk menghilangkan sebum, tapi setelah itu kamu bisa gunakan highlighter di bagian tulang pipi (tepat di atas kamu menggunakan blush on), gunakan juga di bagian batang hidung dan kening. Highlighter ini berguna untuk memberikan efek glowing juga. Selamat mencoba, ya!
Dari : siti hardiyanti
Pertanyaan : Hai, mau tanya lipstick yang cocok buat bibir kering, apa yah? Apa cocok memakai lipstick yang matte? Apa sebelumnya harus memakai lip balm dulu? Tolong bantu dijawab yah, kak.
Jawaban : Hello Siti, saranku jangan lupa untuk scrub bibir seminggu dua kali dan selalu gunakan lip balm sebelum menggunakan lipstick. Kamu bisa kok, menggunakan lipstick jenis matte asal jangan lupa untuk pakai lip balm sebelumnya, ya. Oh ya, lebih bagus lagi kalo matte lipstick tersebut mengandung Vitamin E yang bikin bibir nggak kering.
Dari : christine
Pertanyaan : Gimana ya caranya membuat gradient lips untuk efek menipiskan bibir yang tebal?
Jawaban : Hai Christine, aku suka banget menerapkan gradient lips untuk warna bibir. Caranya begini: Oleskan base seperti BB cream atau foundation tipis saja di bibir, ditepuk-tepuk hingga merata ke seluruh bibir. Selanjutnya, gunakan liptint hanya di bagian dalam bibir dan ratakan ke arah luar menggunakan jari tangan. Selamat mencoba ya!
Dari : Amelia Trinabella Putri
Pertanyaan : Kak, pernah takut nggak kalau ganti-ganti makeup bisa jadi iritasi? Terus, makeup apa yang wajib kita pakai sehari-hari?
Jawaban : Kebetulan, kulit aku nggak gampang iritasi. Walau begitu, aku selalu menjaga kebersihkan kulit setiap hari, apalagi setelah ber-makeup. Selain itu, aku juga rutin membersihkan alat-alat makeup seperti kuas, sikat, spons, dan puff. Untuk makeup sehari hari, aku biasanya cuma pakai eyebrow pencil, penjepit bulu mata, dan lip tint. Soalnya aku lebih suka tampil dengan minimal makeup daripada heavy makeup. Sebisa mungkin aku hindari pakai foundation karena takut kulit wajahku nggak bisa “bernapas”, hehe…
Dari : lina
Pertanyaan : Saya punya problem kulit wajah yang cenderung berminyak. Ketika saya pakai makeup tebal dan pemakainnya lama, besok pasti muka saya langsung jerawatan. Padahal selesai acara, pasti saya langsung hapus makeup-nya. Tolong kasih saran produk apa yang cocok dengan kulit wajah saya yang cenderung sensitif dan berminyak.
Jawaban : Menurut aku, cara kamu yang langsung membersihkan wajah setelah memakai makeup itu sudah benar. Tapi sayang kalau untuk produk skin care aku nggak bisa kasih rekomendasi produk apa yang harus kamu pakai, karena biasanya produk-produk ini sifatnya cocok-cocokan. Jadi kamu harus coba terus produk skin care yang sesuai jenis kulitmu sampai ketemu produk yang cocok. Jangan ragu untuk tanya-tanya ke beauty consultant yang ada di toko atau di counter. Semangat ya!
Dari : Rini Kartika Sari
Pertanyaan : Malam kakak cantik, ada tips dan trik nggak untuk memakai baju tabrak warna? Aku sering galau nih kalau tabrak warna, kadang nggak percaya diri. Terima kasih dan mohon penerangan fashion-nya.
Jawaban : Hai Rini, soal tabrak warna jangan terlalu bikin pusing, ya. Sebenarnya nggak apa-apa kalau mau mengenakan outfit yang tabrak warna, tapi padukan outfit yang warnanya kalem dengan warna terang. Misalnya, padukan warna pink muda yang kalem dengan warna biru terang.
Dari : Risya Farah Decera Lubis
Pertanyaan : Hallo, Marina dan kak Sasya. Aku mau tanya, menurut kak Sasya, 10 must have items apa saja yang setiap cewek harus punya di lemarinya? Thank youu…
Jawaban : Halo Halo Risya. Menurutku, 10 must have items yang harus dipunya setiap cewek adalah: Celana highwaist warna hitam. Celana jeans model skinny. Kemeja. Sweater. Tank top. Rok. Outerwear, bisa kardigan, jaket, atau blazer. Sepatu high heels warna hitam. Sepatu flats warna merah. Tas.
Dari : entin
Pertanyaan : Hi Sasyachi, saya berhijab. Saya bingung memadupadankan pakaian untuk kuliah, karena saya lebih sering memakai rok daripada celana. Bisakah memberi tips padupadan outfit atasan, bawahan, outer, dan hijab untuk ke kampus? Terima kasih.
Jawaban : Hai Entin. Menurutku sekarang fashion untuk yang berhijab sudah keren-keren banget, lho, dan sudah banyak sumber referensi yang bisa kamu gunakan. Saranku, kamu bisa coba gunakan atasan panjang warna hitam polos, rok putih bermotif, jilbab warna mustard, kalung warna merah, dan sepatu hak warna merah. Pasti cantik, deh.
Dari : sonia benedicta s
Pertanyaan : Aku ini mahasiswi, sehari-hari ke kampus muka aku polos banget. Aku pingin sih, bisa pakai makeup yang simpel untuk sehari-hari supaya kelihatan segar tapi jangan yang terlalu berat. Minta tips-nya, dong.
Jawaban : Ini beberapa tip dari aku supaya kamu tetap kelihatan cantik dan segar ke kampus: Sebelum aplikasi bedak, kamu bisa pakai BB cream atau CC cream yang membantu membuat kulitmu terlihat lebih sempurna. Pilih mana yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Bentuk alis kamu dengan pensil alis, lalu jepit bulu mata dan gunakan mascara. Pulaskan lip tint warna cherry atau warna lain yang sesuai dengan warna kulitmu.
Dari : Yuliana Sanjaya
Pertanyaan : Permisi kak Sasya. Aku mau tanya fashion yang cocok sama aku kira-kira yang gimana, ya? Aku sangat kurus, berat badanku 37 kg dan tinggi mungkin 150 cm.
Jawaban : Hai Yuliana, kamu harus rajin olahraga dan makan banyak ya, supaya berat badannya naik. Untuk yang berbadan kurus seperti kamu, saranku sih hindari pakaian yang terlalu ketat, karena ini bikin lekuk tubuh terlihat sangat jelas. Kamu bisa kenakan outfit yang membuat tubuhmu terlihat lebih berisi, misalnya yang bermotif ramai seperti bunga-bunga, polkadot, dan rok beraksen pleats. Jangan lupa untuk gunakan kalung atau scarf supaya tulang di dada nggak kelihatan banget. Selamat mencoba!
Dari : Angel
Pertanyaan : Tanya dong, kalo umur 15 boleh facial, nggak? Aku sebal soalnya di hidungku banyak komedo. Terus, sebaiknya facial di mana ya yang aman? Tolong jawab ya.
Jawaban : Halo Angel, kalo untuk rekomendasi tempat aku bingung juga karena nggak pernah facial di salon, karena menurutku kalau kulit yang meradang dipencet-pencet itu makin memperparah kondisinya. Saranku sih, di umurmu yang masih 15 tahun lebih baik kamu merawat wajahmu di rumah aja. Untuk menghilangkan komedo, kamu beli scrub/peeling tradisional khusus wajah (bisa dibeli di supermarket). Nah, kamu pakai deh seminggu dua kali. Kalau rutin, komedo pasti hilang, kok. Good luck, dear!
Dari : Adita Margareth
Pertanyaan : Hi kak. Aku sebel banget sama rambutku yang kering dan suka kusut, bikin penampilanku jadi jelek. Padahal aku termasuk cewek yang merhatiin penampilan banget. Gimana ya caranya rambutku bisa terlihat jatuh dan nggak kering lagi?
Jawaban : Hai Adita, coba gunakan conditioner setiap habis keramas menggunakan shampo, yah. Jangan lupa juga hair mask seminggu sekali. Nggak perlu ke salon kok, kamu bisa beli hair mask yang dijual di supermarket atau kamu bisa membuatnya sendiri dari bahan-bahan alami. Kalo sudah rutin pakai hair mask dan conditioner, aku yakin rambutmu bakal lembut dan nggak kering.
Dari : Naura Amelia Pane
Pertanyaan : Kak, apa perempuan harus dandan supaya kelihatan cantik?
Jawaban : Halo Naura. Hmmmm, kalau aku pribadi nggak suka dandan, tapi buat aku berdandan itu perlu. Karena bagiku itu merupakan salah satu cara menghargai diri sendiri. Kalo seorang perempuan bisa menghargai dirinya sendiri, otomatis orang sekitarnya terbawa menghargainya. Walau definisi berdandan berbeda pada setiap perempuan, ada yg mengartikan berdandan itu harus full makeup, ada juga yang merasa berbedak dan lipstik sudah berdandan, tapi maksud dari berdandan itu sama: untuk lebih cantik, lebih enak dilihat, bahkan untuk meningkatkan percaya diri. Jadi, berdandan itu perlu, karena dapat menolong perempuan untuk tampil lebih baik dan percaya diri.
Dari : Riri
Pertanyaan : Hai kak Sasyachi, aku mau tanya nih. Perbedaan foundation, BB cream, dan concealer itu apa, ya? Yang bagus juga ringan untuk dipakai sehari-hari yang mana? Tolong dijawab ya. Thanks, kak.
Jawaban : Hai Riri, untuk sehari-hari, kamu cukup gunakan BB Cream. Nah perbedaannya adalah: Foundation: Biasa disebut dengan alas bedak, foundation ini diaplikasikan terutama untuk menutup noda di wajah, seperti bintik wajah, noda hitam, warna kulit wajah yang tidak rata, sampai bekas jerawat. Karena itulah foundation biasanya memiliki tekstur yang lebih kental. BB Cream: Disamping memiliki fungsi yang sama dengan foundation, yaitu menutup noda di wajah, BB cream juga memiliki fungsi pintar lainnya, yaitu sebagai pelembap wajah dan meregenerasi kulit baru dengan menutrisinya. Singkatnya BB Cream merupakan perpaduan antara moisturizer dan foundation. Karena bisa menutrisi wajah, BB Cream bukan cuma produk makeup tapi perawatan kulit juga. Concealer: Nah, kalau concealer fungsi utamanya adalah menutupi kekurangan di kulit wajah seperti bekas luka, lingkaran hitam, atau bekas jerawat. Tapi concealer ini tidak digunakan untuk seluruh wajah, cukup gunakan di bagian yang ingin dikoreksi aja. Biasanya sih cukup gunakan foundation karena sudah tertutup dengan baik.
Dari : Lili
Pertanyaan : Aku punya baju floral print tangan panjang warna hitam bunganya warna merah dan gambarnya besar-besar. Aku bingung harus paduin sama bawahan apa supaya aku nggak kelihatan tua. Thx.
Jawaban : Hai Lili, Coba padukan atasan floral print dengan celana highwaist warna hitam. Celana hightwaist ini bisa menetralkan atasan kamu yang sudah meriah. Selain itu, celana ini bisa bikin kamu terlihat lebih ramping juga, lho.
Dari : Natasha Leoni
Pertanyaan : Halo, kak Sasyachi, please help! Alternatif outfit lain kalau mau ke pesta pernikahan selain pakai dress apa yah, kak? Bosan banget pakai dress terus, rasanya agak flat. Makasih banyak ya, kak.
Jawaban : Hai Natasha, aku malah jarang pakai dress lho kalau ke pesta! Aku lebih senang mengenakan kebaya kutu baru atau kebaya tradisional lain yang dipadukan dengan bawahan batik warna-warni. Menurutku, outfit ini lebih terlihat Indonesia-nya dan terlihat lebih anggun.
Dari : Okta
Pertanyaan : Aku punya celana panjang katun warna merah, nih. Bingung mau dipaduin sama blus apa soalnya warnanya mencolok banget, takutnya jadi norak dilihatnya. Tolong kasih saran ya, kak.
Jawaban : Hai Okta, kalo celananya sudah merah meriah sebaiknya kamu pakai atasan yang lebih netral supaya nggak terlihat mencolok. Misalnya, blus warna putih atau kemeja dengan motif polkadot warna hitam.
Dari : Milla
Pertanyaan : Bantuin aku, dong. Seminggu lagi temanku ulang tahun dan dresscode-nya white dress. Badanku agak gemuk dan aku takut kalau pakai dress putih malah bikin aku kelihatan besar. Aku harus gimana, ya?
Jawaban : Hai Milla, belum tentu kok, white dress bikin kamu kelihatan besar. Walau tubuhmu berisi, tapi kamu bisa tampil cantik dengan white dress. Saranku, gunakan white dress yang ada lengannya sampai siku atau panjang ¾ untuk menutupi lengan yang besar. Panjang dress-nya sebaiknya juga melewati lutut. Kalau sulit mencari dress seperti ini, sebaiknya jahit saja di tukang jahit supaya ukurannya pas dengan tubuhmu.
Dari : Sari Widyani
Pertanyaan : Dear Sasyachi, kulit aku kan warnanya sawo matang. Warna outfit yang cocok buat aku apa ya, soalnya aku nggak pede sama warna kulitku. Terima kasih.
Jawaban : Hai Sari, menurutku warna kulit sawo matang bisa pakai outfit warna apa saja, kok, bisa warna terang dan juga warna gelap. Kalau kamu bingung, kamu bisa pilih warna merah, putih, hitam, abu-abu, atau biru tua. Selamat mencoba!
12345678910111213141516171819202122232425

ASK NOW











SUBMIT SEKARANG